Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 5 cara Ampuh Atasi Nyeri Haid
Oleh : Redaksi
Rabu | 12-07-2017 | 09:40 WIB
haid-01.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Setiap bulan, para wanita berusia subur sering mengalami masalah saat menstruasi. Kram dan nyeri perut membuat mereka malas beraktivitas. Mereka yang suka dengan cara instan lantas bergantung pada pereda rasa sakit.

Sebenarnya, rasa nyeri saat haid itu tak harus diredakan dengan obat-obatan kimia. Biar bagaimanapun cara alami jauh lebih baik. Berikut lima cara alami tersebut seperti dilansir askdrmanny.com.

1. Vitamin B12 dan minyak ikan
Banyak perempuan yang kekurangan Omega-3 dan berbagai vitamin B. Selain mampu mencegah berbagai penyakit, kedua zat penting tersebut juga bisa mengatasi nyeri haid, begitu hasil sebuah penelitian di Denmark terhadap sekelompok perempuan.

2. Perbanyak sayur, kurangi lemak
Para wanita di Amerika Serikat saat ini diklaim kurang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan setiap hari. Mereka justru lebih banyak menyantap makanan olahan yang tinggi lemak, karbohidrat, dan garam, yang menjadikan kombinasi rasa sakit semakin lengkap.

Makan lebih banyak buah dan sayur akan sangat baik untuk menghidrasi dan keseimbangan nutrisi, selain mengurangi peradangan akibat terlalu banyak lemak tak sehat. Jangan lupa minum cukup air untuk mengurangi retensi cairan serta rasa sakit akibat kembung.

3. Keseimbangan magnesium
Asupan magnesium sangat penting karena zat ini mengatur fungsi safar dan otot, yang sangat berperan dalam siklus menstruasi. Magnesium juga mencegah retensi air, yang sering dikeluhkan wanita yang sedang haid. Magnesium bisa diperoleh dari sayuran berdaun hijau, pisang, biji labu, alpukat, dan cokelat hitam.

4. Terapi panas
Untuk meredakan nyeri haid secara cepat, cobalah lakukan terapi panas di perut atau bisa juga mandi air panas. Metode ini bisa membuat kita rileks karena rasa sakit yang berkurang.

5. Berolahraga
Rutin berolahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi rasa sakit. Ketika berlatih fisik, aliran darah di tubuh lebih lancar dan sehingga mampu melepaskan hormon endorfin dan meredakan nyeri.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli