Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Marak Aksi Teroris, Kodim Batam Amankan Penyusup yang Masuk ke Makodim
Oleh : Yosri Nofriadi
Sabtu | 01-07-2017 | 17:26 WIB
KTP-Edie.gif Honda-Batam
KTP milik Edie Nurdi (46) (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kodim 0316/ Batam dimasuki orang tidak dikenal tanpa izin, Jum'at (30/6/2017 ) sekitar pukul 11.45 WIB. Pria, yang kemudian diketahui bernama Edie Nurdi (46), itu secara diam-diam mengambil gambar di lokasi Markas Kodim. Namun aksi Edi Nurdi itu kepergok oleh satuan patroli TNI dan langsung mengamankannya karena mencurigakan.

Dari tangan Edie, TNI mengamankan satu unit kamera Samsung, Handphone, uang tunai Rp42.000, buku dan kertas bertuliskan bahasa arab serta beberapa barang lainnya.

Dandim 0316/ Batam, Letnan Kolonel Inf Dwi Sasongko, mengatakan, Edie Nurdi merupakan warga Perumahan Bumi Sakinah Blok Musdalifa I nomor 07 Batam Kota, Batam, menyusup masuk dan langsung ke wilayah terlarang. Dia memotret Makodim dan asrama TNI.

Pengambilan gambar di wilayah militer tidak dibenarkan dan bahkan sudah diatur dalam RKUHP. Sehingga saat ini, TNI masih mendalami maksud dan tujuan Edie measuki kawasan terlarang tersebut.

"Pada saat diintrogasi terkait keperluannya memasuki kawasan militer tanpa izin, dia mengaku dari travelling dan hanya melakukan pemotretan. Tapi kita masih terus dalami," ujar Dandim, Sabtu (1/6/2017).

Berdasarkan prosesdur, Edie harus menjalani pemeriksaan secara intensif. Selama menjalani pemeriksaan, kata Dwi Sasongko, Edie tidak mendapat kekerasan dan bahkan diperlakukan dengan baik.

"Keluarganya kita sudah hubungi, kita akan terus dalami. Apalagi sekarang lagi marak aksi teror," ujarnya lagi.

Dwi Sasongko juga mengimbau masyarakat dan perangkat RT/RW untuk meningkatkan keamanan di wilayah masing-masing. Bahkan jika ada warga baru dan mencurigakan, wajib dilaporkan. Hal ini untuk mengantisipasi dan mempersempit ruang lingkup tindak pidana hukum dan teroris.

Dalam hal mengantisipasi teroris, TNI siap membantu kepolisian. Bahkan TNI sendiri sudah melakukan patroli untuk mempersempit pergerakan teroris.

"Untuk Batam masih aman, tapi kita tetap harus waspada. Jangan sampai, sudah kejadian baru kita sibuk," ujarnya.

Sementara Ketua RT 04 RW 11, Perum Bumi Sakinah Blok Musdalifa I nomor 07, Irwansyah, mengatakan bahwa Edie Nurdi memang pernah menjadi warganya. Namun, dia sudah pindah sejak satu bulan yang lalu.

"Dia pernah tinggal di sini selama lima tahun. Tapi saat dia pindah tak melapor ke saya. Kata warga dia pindah ke Bengkong," ujarnya singkat saat ditemui di rumahnya.

Editor: Udin