Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Klaim Kemenangan Saat Ini Tidak Resmi
Oleh : Andri Arianto
Kamis | 06-01-2011 | 10:13 WIB

Batam, batamtoday - Menyikapi adanya klaim-klaim kemenangan berdasarkan perhitungan cepat kandidat Walikota-Wakil Walikota Batam di media massa (cetak), Komisi Pemililhan Umum (KPU) menyatakan itu bukan merupakan hasil resmi.

Zeindra, Anggota KPU Kota Batam kepada batamtoday melalui ponselnya menegaskan bahwa hasil yang sebenarnya adalah hasil setelah ketetapan KPU berdasarkan rapat pleno yang akan digelar pada Sabtu, (8/1) mendatang. Untuk hasil yang telah dimuat di media cetak saat ini, katanya merupakan upaya pembentukan opini publik dari masing-masing kubu yang bersaing semata.

"Kita saat ini masih fokus untuk pengawasan ditahap pleno tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hasil yang resmi itu nunggu diketok KPU dulu," kata Zeindra.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (PAnwaslu) Kota Batam, Suryadi Prabu menegaskan hal yang sama dengan penekanan bahwa hasil yang di iklankan itu hanya hasil dari versi masing-masing kubu.

Suryadi juga berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah percaya terhadap iklan-iklan pengumuman hasil perhitungan suara yang bukan dari KPU selaku penyelenggara resmi pemilihan umum pilkada.

"Biasalah soal klaim-klaim itu," katanya.