Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Over Kapasitas, Tahanan Lapas dan Rutan akan Dipindahkan
Oleh : Yosri Nofriadi
Jum\'at | 30-06-2017 | 17:02 WIB
3062017-Kepala-Rutan-Batam,-David-Gultom-728x349.gif Honda-Batam
Kepala Rutan Batam, David Gultom (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Batam dan Rutan Batam dalam waktu dekat berencana akan memindahkan narapidana tahanan wanita ke Lembaga Pemasyarakatan Perempuan, Baloi.

Saat ini, jumlah napi di Lapas Batam tembus dikisaran 1.400 orang, Sedangkan di Rutan Batam 956 orang. Jumlah tersebut jauh dari ideal, di mana seharusnya Lapas Batam hanya mampu menampung 480 orang, sementara Rutan Batam 285 orang.

"?Kita akan pindahkan napi wanita secara bertahap untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan karena over kapasitas," kata Kepala Rutan Batam David Gultom, Jum'at (30/6/2017)

David menuturkan, sampai saat ini di Rutan Batam ada 96 napi wanita yang masih menjalani masa tahanan. Kebanyakan dari mereka masih memiliki masa tahanan kurang dari dua tahun. "Semoga tahun ini sudah bisa dipindahkan semua secara bertahap," ujarnya lagi.

Sementara Kepala Seksi Pembinaan Lapas Batam, Rommy Waskita Pambudi menuturkan, di Lapas Batam juga sudah terjadi over kapasitas. Hal tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan dan bisa menimbulkan hal-hal yang tak diinginkan terjadi di dalam Lapas.

"Kita lebih tingkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap warga binaan. Memang ada wacana untuk memindahkan napi wanita ke Baloi, namun belum bisa dipastikan waktunya," ujarnya.

Editor: Udin