Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kodim 0316/Batam Tanam 5.000 Pohon di Tanjungpiayu
Oleh : Romi Chandra
Jum\'at | 16-06-2017 | 14:38 WIB
tanam-pohon1.gif Honda-Batam
Penanaman 5 ribu pohon di Tanjungpiayu. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Komando Distrik Militer (Kodim) 0316/Batam menanam 5 ribu bibit pohon mahoni, ketapang dan cempedak di Tanjungpiayu, Seibeduk, Jumat (16/6/2017) pagi.

Kegiatan tersebut, juga diikuti oleh Dipam BP Batam, Polresta Barelang dan FKPPI. Ribuan pohon itu, ditanam dengan tujuan penghijauan di wilayah Batam.

Dandim 0316/Batam Letkol Inf Dwi Sasangko mengatakan, saat ini di Batam banyak dilakukan pembangunan dan kawasan kosong sudah menjadi bangunan. Bahkan, jumlah kendaraan yang semakin banyak menimbulkan polusi udara.

"Menanam pohon dalam rangka penghijauan ini bertujuan untuk menyelamatkan bumi dari terjadinya global warming. Sama-sama diketahui, kita sehari-hari menggunakan bahan-bahan yang mengandung gas-gas beracun misalnya seperti asap rokok, parfum, asap kendaraan bermotor, mesin pabrik dan lain sebagainya," ungkap Dwi.

Dijelaskan, kesadaran lingkungan harus menjadi point penting dalam kehidupan kita yang dapat mengurangi jumlah gas-gas yang berguna bagi manusia pada lapisan ozon.

Menurutnya, manfaat dari penghijauan itu bisa menjadi pelindung terbadap kondisi fisik alam sekitarnya, seperti angin kencang, terik matahari, gas atau debu-debu.

"Dengan banyaknya tumbuhan, juga menciptakan keindahan. Pohon memiliki berbagai macam bentuk dari yang besar sampai yang kecil, sehingga menciptakan keindahan tersendiri bagi orang yang melihatnya," jelasnya.

Disamping itu, manfaat lainnya adalah untuk kesehatan. Untuk pohon cepedak, nantinya jika sudah berbuah, bisa dimanfaatkan masyarakat.

"Sangat banyak manfaat dari penghijauan ini. Karena itu, dengan aksi nyata ini, kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan," ajaknya.

Editor: Yudha