Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jangan Lupa Ganti Oli Sebelum Perjalanan Mudik
Oleh : Redaksi
Senin | 12-06-2017 | 12:26 WIB
pelumas11.gif Honda-Batam
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Diantara para pemudik, tak sedikit yang menggunakan kendaraan pribadi sebagai moda transportasi. Oleh karena itu, mengecek kendaraan sebelum memulai perjalanan mudik pun menjadi sebuah keharusan. Tujuannya tentu saja untuk menghindari kemungkinan terjadinya insiden yang tak diinginkan.

Salah satu komponen yang wajib untuk diperiksa adalah pelumas. Penggantian pelumas sebelum mudik sebaiknya dilakukan. Menurut Totok Subagyo selaku Brand Manager Small Engine Oil PT Pertamina Lubricants, kondisi macet yang mungkin saja terjadi saat mudik akan sangat mempengaruhi kondisi mesin. Meski tak bergerak, pelumas akan tetap bekerja dengan ekstra keras melumasi mesin.

"Sebaiknya diganti dulu sebelum mudik. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di jalan nanti. Meskipun pelumasnya belum beberapa lama diganti, ada baiknya dipersiapkan sebelum mudik," ucap Totok.

Ia pun menambahkan agar kendaraan tak dipaksa berjalan terlalu lama. Beri jeda beberapa saat agar mesin dapat beristirahat untuk menjaga kondisinya. Hal ini juga memberikan manfaat, dimana pengemudi juga dapat beristirahat dari penatnya kondisi mudik lebaran.

Editor: Yudha