Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Golput 96,4 Persen di TPS 4 Dormitory Muka Kuning
Oleh : Ali
Rabu | 05-01-2011 | 17:10 WIB

Batam, batantoday - Tingkat partisapasi politik yang rendah di Kota Batam memang sudah cukup lama terjadi, baik pada Pilkada maupun pemilu nasional. Dan fenomena tersebut nampaknya bukan surut dan bahkan meningkat tajam dalam Pilkada Kota Batam yang pada Rabu (5/1) ini melakukan pencoblosan.

 

 

Angka Golput pada setipa penyelenggraan pemilihan umum, baik nasional maupun pemeilihan Kepala daerah,  biasanya berada di atas 50 persen, dan bahkan sampai menembus angka 60 persen.

Namun di TPS 4 di wilayah Dormitory kawasan Muka Kuning, angka golput sungguh mencenggangkan yaitu mencapai 94.6 persen.

Di TPS ini, daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah sekitar 565 suara, namun yang datang ke TPS hanyalah 31 orang. Berarti tingkat partispasi warga hanyalah mencapi angka 5,6 persen saja.

Andi Mapisangka, Corporate Social Responsbilty kawasan Batamindo, Muka Kuning, kepada batamtoday mengatakan, bahwa kemungkinan jebl;oknya suara pemilih di TPS 4 karena banyak warga yang telah dikirimi undangan telah pindah kerja atau pindah kost.

"Mungkin warga pekerja ada yang sudah pindah kerja, putus kontrak, dan mungkin juga sudah pindah tempat tinggal atau kost," ujarnya.