Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lanal Batam Tanam Puluhan Ribu Pohon di Pulau Cicir Tanjunguncang
Oleh : Romi Chandra
Selasa | 30-05-2017 | 19:05 WIB
penanaman-mangrove.gif Honda-Batam
Sebanyak 23.250 bibit dengan berbagai jenis pohon ditanam di Pulau Cicir, Tanjunguncang Batuaji, Kota Batam (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 20 ribu pohon mahoni, 3 ribu pohon jengkol, 150 pohon nangka dan pohon beringin dengan berbagai varietas sebanyak 100 pohon ditanam TNI AL (Lanal) Batam di Pulau Cicir, Tanjunguncang Batuaji, Kota Batam.

Karya Bhakti yang mengusung tema “Melalui Karya Bakti Kita Perkokoh Kemanunggalan TNI–Rakyat“ itu dilaksanakan pada Jumat (26/5/2017) kemarin.

Komandan Lanal Batam Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono Wibowo, saat ditemui mengatakan, Karya Bhakti yang dilaksanakan oleh Pangkalan TNI AL Batam bekerja sama dengan instansi terkait, dengan total yang ditanam sebanyak 23.250 bibit dengan berbagai jenis pohon.

Kegiatan ini juga melibatkan Rumah Bakau Indonesia dan Beringin Indonesia yang merupakan LSM pencinta alam yang bergiat di bidang pelestarian pohon bakau di Kota Batam.

Menurutnya, karya bhakti kali ini merupakan program TNI AL dalam upaya mendukung pemerintah sebagai wujud pelestarian alam, terutama pohon bakau (mangrove) di Indonesia.

"Pohon bakau sangat bermanfaat bagi lingkungan, antara lain berguna untuk melindungi daratan dari abrasi laut atau mencegah abrasi, menjaga kualitas air, dan menjaga pencemaran air laut," ungkap Ivong, Selasa (30/5/2017) sore.

Selain itu, pohon bakau juga mampu mendukung pendapatan ekonomi masyarakat (nelayan) dan melindungi bencana alam atau membantu melindungi daerah pesisir pantai dari gelombang ombak.

"Dan yang lebih utama hutan bakau akan mencegah daratan agar tidak terkena hempasan badai dan gelombang tsunami," jelasnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh masyarakat agar senantiasa selalu peduli terhadap lingkungan terutama daerah-daerah pesisir.

"Mari kita sama-sama peduli lingkungan, terutama daerah pesisir. Sebab, jika hutan bakau dapat terpelihara tentunya akan bermanfaat juga bagi para nelayan," ajak Ivong.

Acara itu juga dihadiri oleh Kadis Lingkungan Hidup Kota Batam Dendi Purnomo, Direktur RBI Rizal Ananda.

Penanaman bakau tersebut, selain oleh prajurit Lanal Batam, juga diikuti pula oleh siswa-siswi dari Pramuka Saka Bahari Lanal Batam, Duta Lingkungan Hidup Kota Batam, SMK Maitreyawira Batam Center Kota Batam, Universitas Universal Batam, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Batam, Unrika Batam, karyawan PT. Infineon, karyawan PT Karya Putra Karimun, PT Enviro Cipta Lestari dan PT ASL Marine.

Editor: Udin