Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Memahami Manfaat Alkohol Selain Membersihkan Luka
Oleh : Redaksi
Jum\'at | 26-05-2017 | 09:26 WIB
alkohol-01.gif Honda-Batam
Ilustrasi Alkohol 70%. (alkes-marinno.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Selama ini kita mungkin berpikir alkohol hanya digunakan untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi serta membersihkan kulit yang berminyak. Padahal, ada beberapa manfaat lain dari alkohol yang mungkin tidak kita ketahui.

Alkohol tak hanya bisa digunakan sebagai disinfektan. Menurut India Times, ada banyak manfaat lain dari alkhohol yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mengatasi gigitan nyamuk
Oleskan otau gosokkan alkohol pada bekas gigitan nyamuk dan rasa gatal pun langsung lenyap.

2. Mengatasi sengatan serangga
Alkohol juga mampu meredakan rasa sakit akibat sengatan serangga dan mencegah racunnya tersebar.

3. Meredakan nyeri otot
Gosokkan kapas atau kain yang sudah diberi alkohol ke sekitar otot atau persendian yang nyeri dan rasa sakit serta pembengkakan akan reda. Menurut Columbian Online Encyclopedia, alkohol mengiritasi kulit dan meningkatkan aliran darah di sekitar area yang dioleskan cairan tersebut sehingga mampu mengurangi rasa sakit.

4. Membersihkan tangan
Bila tak ada persediaan pembersih tangan di rumah, alkohol bisa digunakan sebagai pengganti. Caranya, campurkan ¼ cangkir gel lidah buaya, ½ sendok teh gliserin, dan satu sendok makan alkohol dalam mangkuk kecil. Tambahkan 10 tetes minyak kayu manis atau kayu putih.

5. Mengusir serangga
American Pest Control menganjurkan untuk mengisi botol semprot dengan alkohol dan semprotkan ke kasur dan tempat tidur. Alkohol mampu membunuh serangga seperti kutu busuk yang sering bersarang di tempat tidur dan mematikan telurnya. Pastikan untuk tidur setelah bau alkohol hilang.

6. Membunuh belatung
Tak usah khawatir bila menemukan ada belatung atau lalat kecil pada buah. Masukkan alkohol ke dalam botol semprot dan semprotkan ke arah penganggu itu. Mereka pun akan mati.

7. Mengusir bau sepatu
Sebelum disemprotkan alkohol, sepatu harus dalam keadaan kering. Setelah disemprot, keringkan sepatu dan bau tak sedap pun pergi.

8. Melenyapkan noda
Alkohol juga bisa melenyapkan noda pada pakaian, termasuk noda tinta. Selain digosokkan, alkohol juga bisa digunakan untuk merendam pakaian yang terkena noda sebelum dicuci.

Sumber: Tempo.co
Editor: Gokli