Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Selama Ramadhan, Nurdin Minta Para Dai Berikan Ceramah yang Cerahkan Umat
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 25-05-2017 | 14:25 WIB
Acara-pelepasan-dai-batam1.jpg Honda-Batam
Gubernur Kepri Nurdin Basirun bersama Ketua Umum Parmusi (kanan) dalam acara pelepasan para Dai yang dikirim ke wilayah perbatasan Kepri (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Jelang Ramdahan, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun meminta para Dai atau Mubaligh memberikan dakwah dan ceramahnya pada bulan suci Ramadahan dengan hati yang memberikan pencerahan kepada umat.

 

"Berilah dakwah yang bisa mencerahkan umat," kata Nurdin pada Pembekalan Muballigh Ramadhan 1438 H / 2017 M di Asrama Haji Batam, Kamis (25/5/2017).

Nurdin berkisah, Dai atau Muballigh adalah sahabat bagi dirinya. Mereka begitu banyak memberikan andil bagi kemajuan pembangunan yang telah dilakukan pemerintah. Karena mereka memberikan pencerahan bagi umat dan juga masyarakat.

Acara pembekalan Muballigh Ramadhan 1438 H / 2017 M di Asrama Haji Batam ini, mengambil tema "Meningkatkan Kualitas dan Peran Muballigh Dalam Membangun Negeri Yang Bermarwah dan Amanah". Kegiatan ini ditaja oleh Lembaga Dakwah Parmusi Provinsi Kepri dan Persatuan Muballigh Kota Batam yang diikuti oleh 719 ustad.

Pada kesempatan tersebut, Nurdin bersama Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam melepas 20 orang Dai dari Parmusi yang diturunkan ke perbatasan Provinsi Kepri.

Kepada dai yang bertugas di pulau-pulau, Nurdin mengingatkan soal banyaknya tantangan yang dihadapi. Nurdin berpesan agar persoalan keimanan harus terus dipupuk dijaga. Hal ini menjadi tugas utama para dai yang harus terus diberikan.

"Mudah-mudahan dakwah dai-dai kita dapat menyampaikan hal itu," harap Nurdin sambil mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh kaum muslimin di Kepri.

Sedang Ketua Umum DPP Parmusi Usamah Hisyam menjelaskan, dengan slogan "konekting muslim" lebih menjadikan Permusi yang dipimpinnya sebagai organisasi dakwah. Pihaknya akan menjadikan sebanyak mungkin dai yang bisa melakukan tugas berdakwah. Mereka akan dikirim seluruh pelosok negeri dan juga wilayah-wilayah perbatasan.

Pada kesempatan itu, Usamah menyampaikan apresiasinya terhadap apa yang dilakukan Gubernur Kepri dengan konsep subuh kelilingnya. "Ini sesuatu yang sangat luar biasa yang dilakukan seorang pimpinan," katanya.

Karena menunjukan pimpinan dekat dengan umat. Hal ini, katanya, akan membawa keberkahan.

Ketua DPW Permusi Provinsi Kepri Irwansyah menjelaskan, bahwa setiap muslim harus bisa saling mengingatkan dan mengajak pada kebaikan. "Tugas ini tidak hanya dilaksanakan oleh Dai semata, tapi menjadi tugas kita semua," kata Irwansyah.

Irwansyah juga menjelaskan Parmusi sangat konsen memberikan pembekalan kepada para dai. Harapannya agar materi yang nantinya akan disampaikan, bisa lebih mengena dan juga jauh dari hal-hal yang provokatif.

"Apa yang disampaikan kita maui sejuk dan damai. Dengan demikian dakwah menjadi mengena, " pintanya.

Sementara Ketua PMB Kota Batam Zulkarnain Umar berterimaksih atas hadirnya Gubernur Kepri. Karena ini kali pertama hadirnya Gubernur dalam acara pembekalan yang dilakukan muballigh Kota Batam.

"Tentu ini sesuatu yang sangat membanggakan. Karena hadir bapak Gubernur bersama- sama dengan kita, " jelas Zulkarnain.

Editor: Surya