Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Satgas Kesehatan TNI Beri Pengobatan 1.576 Masyarakat Tarempa dan Jemaja
Oleh : Harjo/Roland
Selasa | 23-05-2017 | 15:50 WIB
bantuan-kursi-roda1.gif Honda-Batam
Satgas Kesehatan TNI memberikan bantuan kursi roda kepada masyarakat Anambas. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Satuan tugas gabungan kesehatan TNI melaksanakan kegiatan baksos pengobatan massal terhadap 1.576 warga Tarempa dan Jemaja Kepulauan Anambas, Minggu (21/5/2017).

Dengan menggunakan Kapal Rumah Sakit TNI AL KRI dr. Suharso-990 satuan tugas Bakti sosial TNI disambut antusias dari masyarakat Kabupaten Anambas. Pengobatan gratis ini melibatkan berbagai dokter ahli.

Beberapa kasus penyakit yang berhasil diobati tim kesehatan TNI antara lain operasi katarak 281 orang, operasi bibir sumbing 1 orang, khitanan massal 8 orang, pengobatan umum 698 orang, pengobatan gigi dan mulut 259 orang, pemberian alat bantu dengar 113 orang, kursi roda 111 orang, pembagian kaca mata baca 100 orang, kandungan 3 orang, bedah mayor 5 orang, gigi 259 orang, berobat mata 408 orang sedangkan pasien yang di evakuasi ke RSPAD Jakarta untuk operasi lanjut ada 3 orang.

Bupati Kabupaten Anambas Abdul Haris mengucapkan terimakasih kepada Panglima TNI dan tim gabungan kesehatan TNI atas dijadikanya daerah Tarempa dan Jemaja sebagai daerah sasaran bakti sosial pengobatan yang manfaatnya sangat dirasakan masyarakat.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Danlanal Tarempa Letkol Laut (P) Johan Wahyudi, Kapolres KKA AKBP Junoto, Danramil atas bantuan memobilisasi dan mengarahkan masyarakat untuk berobat secara gratis kepada Satuan Tugas gabungan Kesehatan TNI, demikian juga kepada masyarakat nelayan yang membantu transportasi perahu dari pulau-pulau untuk mengangkut masyarakat yang akan berobat," kata Abdul Haris.

Sementara, Kapuskes Mayjen TNI Benzura Rimba dalam sambutannya mengatakan, dipilihnya Tarempa dan Jemaja sebagai lokasi kegiatan baksos TNI sesuai perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo untuk segera melaksanakan bakti sosial membantu masyarakat Kabupaten Anambas dengan melibatkan dokter spesialis dari TNI AD, AL dan AU.

Usai melaksanakan bakti sosial pengobatan gratis KRI dr Suharso-990 kembali Batam dan selanjutnya akan menuju Pangkalan di Jakarta.

Editor: Yudha