Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini 5 Cara Gampang Mencegah Flu dan Batuk
Oleh : Redaksi
Selasa | 23-05-2017 | 12:14 WIB
flu1.gif Honda-Batam
Ilustrasi Flu.

BATAMTODAY.COM, Batam - Kondisi cuaca yang tidak bersahabat di Batam saat ini membuat rentan terserang penyakit flu, pilek, demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

 

Flu disebabkan oleh virus dan bakteri serta bisa menular, misalnya dari sesama teman kerja atau sekolah, anak ke orang tua, dan sebaliknya.

Kepada Daily Mail, direktur medis sebuah perusahaan suplemen Healthspan, Dr. Sarah Brewer, memberikan tip untuk menghindari serangan flu dan pilek. Berikut saran yang dari Brewer:

1. Hindari polusi
Hindari asap dan polusi udara yang merusak saluran udara dalam tubuh dan menurunkan pertahanan alami tubuh terhadap virus flu.

2. Jaga makan dan olahraga
Berolahraga secara teratur tapi hindari berlatih terlalu banyak atau terlalu berat karena berpengaruh buruk pada sistem kekebalan tubuh.Perbaiki pola makan dengan mengkonsumsi multivitamin dan mineral untuk membantu membentengi tubuh dari kekurangan mikronutrien, terutama pada para lansia.

Hasil penelitian menunjukkan mereka yang rutin minum multivitamin selama satu tahun memiliki fungsi kekebalan tubuh yang lebih baik, merespon vaksinasi influenza dengan lebih baik, dan lebih jarang sakit dibanding mereka yang tidak biasa minum suplemen multivitamin.

3. Cukup istirahat
Orang yang tidur kurang dari 7 jam semalam berpeluang tiga kali lipat lebih mudah terserang virus flu dibanding mereka yang teratur tidur 8 jam atau lebih.

4. Jaga tubuh tetap hangat dan nyaman
Udara dingin bisa menghambat aliran darah di hidung dan menurunkan kekebalan di area tersebut. Kedinginan meningkatkan risiko terserang flu tiga kali lipat.

5. Rajin cuci tangan
Ajarkan pada anak untuk mencuci tangan dengan bersih dengan cara menggunakan sabun dan menggosokkan ke seluruh area tangan selama 20 detik. Bersihkan pegangan pintu secara teratur, bisa juga dengan menggunakan tisu basah antivirus yang mengandung vitamin C karena mampu membunuh 99 persen virus flu dalam 15 menit.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha