Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disdik Karimun Gandeng Saber Pungli Awasi PPDB
Oleh : CR-16
Sabtu | 20-05-2017 | 18:14 WIB
bakri-hasyim-edit-oke.gif Honda-Batam
Kadisdik Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun mulai membahas Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Karimun, menjelang berakhirnya Tahun Ajaran 2016-2017, Sabtu (20/5/2017).

Kadisdik Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim, mengatakan bahwa jadwal pelaksanaan PPDB tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Karimun akan dibuka pada 12 Juni 2017 mendatang. Sementara untuk tingkat SMP dan SMA baru akan dimulai pada 3 Juli 2017.

"Pelakasanaan jadwal baru ditetapkan, sedangkan untuk kouto akan dibahas dalam waktu dekat bersama pihak sekolah di Karimun," ujar Bakri

Bakri mengatakan, untuk jumlah kuota penerimaan peserta didik baru, Dinas Pendidikan akan mengacu kepada kapasitas setiap sekolah negeri yang ada untuk jumlah kuota yang diberikan.

"Kita akan susun terlebih dahulu sesuai jumlah kuota yang ke luar setiap sekolah. Contoh, di SMPN 1 Karimun siswa yang keluar ada 6 lokal, jumlah tersebut akan kita samakan untuk penerimaan dan tidak boleh lebih dari itu," ujarnya

Lanjut Bakri, dalam PPDB tahun 2017 ini, pihaknya akan bekerja sama dengan Tim Saber Pungli Kabupaten Karimun untuk mencegah PPDB dijadikan sebagai ajang pungli oleh sekolah.

"Pekan depan kita akan panggil Kepala Sekolah dan mengundang Tim Saber Pungli untuk menyosialisasikan terkait apa-apa saja jenis pungli itu nantinya," ujar Bakri

Untuk pungutan-pungutan itu, nantinya akan dijelaskan Ketua Saber Pungli dan akan disaksikan Bupati Karimun.

Lebih jauh dikatakan, saat ini memang sudah ada beberapa sekolah swasta yang membuka PPDB. Hal tersebut diperbolehkan dan yang menjadi pengawasan Disdik hanya sekolah Negeri untuk pembukaan PPDB.

"Swasta sudah buka beberapa waktu lalu, walaupun mereka terlebih dahulu tetapi tetap tetap kita awasi," tutup Bakri.

Editor: Udin