Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aneka Asesoris Dipamerkan di Nagoya Hill Batam
Oleh : Suci Ramadhani
Jum'at | 12-05-2017 | 14:57 WIB
asesorisdibatam.jpg Honda-Batam
Sebagian asesoris yang dipamerkan di Nagoya Hill Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan RI menggelar Pameran Produk Unggulan UMKM atau IKM di Nagoya Hill Batam. Berbagai produk dari daerah di Indonesia dipamerkan selama empat hari.

Seorang Stand Accessories, Eva mengatakan, pameran ini berlangsung sampai dengan hari Minggu mendatang. Berbagai accessories yang diperkenalkan kepada masyarakat Kota Batam. Diantaranya adalah accessories yang sering digunakan kaum perempuan seperti gelang tangan, kalung, cincin dan accessories jilbab. Kerajinan ini dibuat dari tembaga hingga dikombinasi dengan batu serta pernak-pernik lainnya.

"Saya sudah lama mengikuti pameran-pameran di setiap daerah tujuannya ingin memperkenalkan hasil perajin yang saya buat sendiri," katanya, Jumat (12/5/2017).

Kerajinan tangan dari tembaga itu dikombinasikan menggunakan Batu Druzzy yang berasal dari Pacitan Jawa Timur, yang sudah mengkristal, dan tembaga tidak mudah memudar walaupun sering terkena air dan sabun.

"Bagi orang pencinta batu druzzy, pasti mengetahui kelangkaan dan keistimewaan yang dimilikinya dari batu tersebut, namun sekarang dengan adanya perajin batu tersebut banyak dibuat dengan bermacam bentuk, tidak hanya kalung saja," penjelasannya.

Harga kerajinan tangan dari tembaga ini dimulai dari harga Rp10.000,- untuk cincin yang antik, dan sampai Rp500.000,- Kalung yang di kombinasi dengan batu yang sudah mengkristal. di Batam belum ada pernah ada, makanya kerajin dari jawa mengukuti pameran di Kota Batam.

"Pembuatan cincing sampai kalung memiliki model yang berbeda-beda tidak sama, dan waktu pembuatan hanya Satu hari untuk tiga item kerajinan tersebut, pembuatan benar-benar dilakukan orang yang memiliki keahlian khusus," pungkasnya.

Pembuatan kerajinan tangan membutuhkan sekolah dan les, agar hasilnya benar-benar sempurna, dan akan disukai banyak kaum perempuan.

Pameran yang diikuti 41 Stan dari setiap provinsi yang memiliki produk keunggulan di setiap kabupaten. dimulai dari Fasion, Batik, Kerajinan tangan, Jaket Kulit, dan Kuliner semuanya bisa ditemukan di Nagoya Hill sampai 11 Mei 2017 sampai dengan tanggal 14 Mei 2017.

Editor: Dardani