Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Ramadhan, BTKPLPP Kepri Cek Makanan dan Minuman di Lingga
Oleh : Nurjali
Kamis | 11-05-2017 | 08:24 WIB
sidakmakanandilingga.jpg Honda-Batam

Staf BTKPLPP Kepri sedang melakukan pengambilan sample untuk  mengecek makanan dan minuman di Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan, Dinas Kesehatan Provinsi Kepri didampingi Bagian Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Jasmani dan Olahraga Dinas Kesehatan (Keslingkejaor Dinas KP2KB) Kabupaten Lingga melakukan pengambilan sample makanan dan minuman di beberapa lokasi di pasar Kabupaten Lingga.

Staf Keslingkejaor Dinas KP2KB Kabupaten Lingga, Edwin, mengatakan, pengambilan sample ini dilakukan untuk memastikan makanan dan minuman yang ada di Kabupaten Lingga terbebas dari zat-zat berbahaya.

"Kami di sini dari Kabupaten hanya mendampingi, sampel ini nantinya akan dikaji lagi oleh Dinas provinsi," ujar Edwin, Kamis (11/5/17).

Adapun pihak Dinas Kesehatan Provinsi Kepri yang melakukan kegiatan ini adalah dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKPLPP) Provinsi Kepri.

"Hasilnya akan keluar setelah tiga hari, yang dikaji pertama kali yaitu zat kimia berbahaya, seperti borak dan formalin, khususnya makanan yang dapat dikonsumsi langsung," jelasnya.

Selain itu, BTKPLPP Provinsi Kepri bersama Dinas KP2KB Lingga juga melakukan pemantauan kebersihan lingkungan. Kemudian dalam waktu dekat juga akan di laksanakan kegiatan sosialisasi kepada para pedagang dan produsen tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan penggunaan zat-zat kimia berbahaya yang di larang.

"Akan kita laksanakan dalam waktu dekat, karna program ini juga ada di Dinas KP2KB Lingga," ujarnya.

Editor: Dardani