Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dua Alat Berat Normalisasi Drainase Jalan Putri Hijau Sagulung
Oleh : CR-14
Kamis | 04-05-2017 | 13:02 WIB
normalisasi1.jpg Honda-Batam

Alat berat sedang melakukan normalisasi drainase di Jalan Putri Hijau Sagulung. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Bina Marga Kota Batam menurunkan dua alat berat guna menormalisasi saluran drainase di Jalan Putri Hijau Kecamatan Sagulung yang kerap dilanda banjir setiap hujan deras.

 

Normalisasi saluran drainase dibuat mulai dari Simpang Sentosa Plaza (SP) sampai Fame Hotel Jalan Putri Hijau dengan panjang kurang lebih 500 meter.

Kasi Trantib Kecamatan Sagulung mengatakan, Normalisasi drainase itu dilakukan untuk mengurangi banjir yang sering terjadi di sepanjang Jalan Putri Hijau. Untuk tahap pertama saluran drainase dikerjakan dari Simpang Sentosa Plaza (SP) sampai ke Fame Hotel.

"Setelah ini, secara bertahap kita akan lanjutkan dari Fame Hotel sampai Kantor Camat," ujar Jamil, Kamis (4/5/2017).

Jika saluran drainase itu telah selesai, lanjut Jamil, akan bisa sedikit mengurangi banjir yang selalu kerap
terjadi di sepanjang Jalan Putri Hijau.

"Dengan pembuatan drainase, maka genangan air hujan dapat tersalurkan, sehingga banjir dapat bisa berkurang," ujar Jamil.

Dari berita sebelumnya Kepala Dinas Bina Marga Kota Batam Yumasnur mengatakan, sekian banyaknya titik banjir yang ada di Batam, wilayah Batuaji dan Sagulung paling banyak mengalami kebanjiran.

Titik-titik banjir di Batam memiliki banyak permasalahan. Contohnya beberapa waktu lalu, banjir yang terjadi di MKGR Batuaji akibat pipa melintang di saluran drainase. Sedangkan banjir yang terjadi di Jalan Letjen R Suparapto di karenakan sempitnya saluran gorong-gorong penampung air yang berada di gerbang Sentosa Plaza (SP) sehingga membuat air meluap ke badan jalan.

Ditambah lagi dengan sungai yang menghubungkan Putri Hijau dengan perumahan Suka Maju, dan tembus ke laut selama ini kondisinya sudah tertutup oleh rumput. Bahkan sudah tidak bisa dibedakan mana badan sungai dan bibir sungai.

Saat ini sudah lima alat berat di turunkan di lokasi titik-titik bajir di wilayah Batuaji dan Sagulung. Saat ini titik banjir seperti di samping SP Batuaji, jalan menuju kantor Camat Sagulung dan depan markas Brimob Tembesi masih terus di kerjakan.

Editor: Yudha