Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hanya 22 Persen SMP di Batam yang Melaksanakan UNBK
Oleh : CR-14
Rabu | 03-05-2017 | 15:50 WIB
kadisdik-muslim-bidin1.jpg Honda-Batam

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam Muslim Bidin Mengatakan, pada tahun ajaran 2016/2017 ini hanya 22 persen sekolah tingkat SMP yang bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pelaksanaan UNBK masih jauh dari target pemerintah pusat.

"Target pemerintah pusat, pelaksanaan UNBK setiap daerah harus mencaai 75 persen, namun untuk tahun ini kita hanya bisa mencapai 22 persen dikarenakan kurangnya fasilitas dan perlengkapan yang dimiliki sekolah seperti komputer dan ruangan yang memadai," ujar Muslim saat mengunjungi sekolah SMP 53 Taman Lestari, Batu Aji pada Rabu (3/5/2017).

Meski hanya 22 persen, pelaksanaan UNBK di Kota Batam, berjalan dengan lancar, tanpa ada gangguan yang cukup berarti.

"Dua hari ini saya sudah memantau beberap sekolah yang melaksanakan ujian nasional, semunya berjalan dengan lancar, kita harapkan sampai selesai tidak ada masalah," ujarnya lagi.

Muslim, mengatakan tahun ini Dinas Pendidikan mengajukan penambahan fasiliatas pengadaan komputer di setiap sekolah tingkat SMP yang ada di Kota Batam, untuk menunjang pelaksanaan UNBK di tahun-tahun yang akan datang.

"Tahun ini kita ajukan penambahan fasilitas Komputer, agar tahun depan jumlah sekolah tingkat SMP bisa lebih banyak lagi yang melaksanakan UNKB,"kata Muslim.

Untuk tahun ajaran 2016/2017 SMP yang ada di Kota Batam hanya 23 sekolah yang melaksanakan UNBK, dimana enam sekolah diantaranya adalah Sekolah Negeri, dan sisanya adalah sekolah swasta.

Editor: Yudha