Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelindo Segera Bangun Jalan Beton Menuju Pelabuhan Sribayintan Kijang
Oleh : CR-13
Sabtu | 29-04-2017 | 18:03 WIB
jalan-rusak-400x192.gif Honda-Batam

Jalan Pelabuhan Sri Bayintan yang rusak parah (Foto: CR-13)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kondisi jalan menuju Pelabuhan Sribayintan Kijang, Kecamatam Bintan Timur (Bintim) kian memprihatinkan. Bahkan sejumlah warga mengeluhkan hal itu, namun Pelindo I Cabang Tanjungpinang menanggapinya dengan santai. Sebab Juni mendatang jalan tersebut akan segera dibeton dan diaspal mereka.

"Bulan Juni ini akan kita beton, kemarin baru dialihkan oleh Pemkab Bintan, bahwasannya jalan, Pelindo yang merawatnya," beber GM Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan, Sabtu (29/4/2017).

Jalan ini, kata Wayan, sebelumnya memang wewenang Pemkab Bintan. Namun sekarang sudah diberi kewenangan kepada Pelindo untuk memeliharanya (perawatan).

"Jadi setelah kita dapat wewenang untuk perawatan, kita langsung melakukan penimbunan dan sengaja dibiarkan agar timbunan itu padat. Setelah padat, baru kita lakukan langkah selanjutnya, yakni di beton," tutur Wayan.

Kalau setelah ditimbun langsung di beton, menurut Wayan, nantinya tidak akan berfungsi lama, bisa kembali rusak. Sama saja dengan pemborosan anggaran.

"Memang sengaja kita timbun dan tidak langsung dibeton, agar tanah timbunan benar-benar padat, sehingga nanti setelah dibeton bisa bertahan lama. Kita kan tau sendiri jalan ini juga dilalui truk yang bermuatan berat," kata Wayan.

Untuk jalan yang akan dibeton, Wayan menuturkan sepanjang 500 meter dan lebarnya 15 meter. Jadi yang nanti akan dibeton, mulai dari pelabuhan hingga SPBU.

"Semoga saja Juni tidak ada lagi halangan, agar bisa dilakukan pengerjaan untuk beton jalan itu," harap Wayan.

Editor: Udin