Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puting Beliung Robohkan Rumah dan Sekolah di Selayar Lingga
Oleh : Bayu Yiyandi
Jum'at | 28-04-2017 | 14:50 WIB
puting-beliung-lingga1.jpg Honda-Batam

Puting Beliung di Selayar Lingga hantam rumah dan sekolah. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Sebanyak 6 rumah dan bangunan sekolah dasar (SD) di Desa Tanjung Dua, Kecamatan Selayar mengalami kerusakan parah akibat dihantam angin puting beliung, Jumat (28/4/2017).

Informasi yang berhasil dihimpun, angin kencang itu turun sekitar pukul 03.00 WIB pagi disertai hujan yang lebat.

"Iya hujan lebat dan angin kencang turun subuh hari. Saya dan semua warga yang lain berhamburan dan keluar rumah berteriak angin beliung ini," kata Firman, salah satu warga Desa Tanjung Dua yang rumahnya dihantam beliung ketika dihubungi BATAMTODAY.COM.

Ia menceritakan, pusaran angin beliung terjadi sekitar pukul 03.20 WIB pagi dengan durasi waktu 15 menit, sehingga membuat 6 rumah warga mengalami kerusakan parah. Atap dan plafon rusak semua.

"6 buah rumah warga rusak atap dan pelafonnya. Selain itu satu bangunan Sekolah dasar juga jebol atapnya. Tapi aktifitas belajar mengajar hari ini tetap berjalan meski banyak berserakan pohon-pohon tumbang," ungkapnya.

Atas kejadian ini, Dia mengaku sangat terkejut karena belum pernah melihat angin puting beliung turun menghantam di Desanya. "kami terkejut sekali pak, karna selama ini tidak pernah terjadi angin puting beliung yang seperti ini." tutur Firman.

Dia berharap kepada pihak pemerintah setempat untuk turun ke lokasi melihat kondisi warga yang mengalami musibah ini. "Yang saya harapkan pemerintah cepat menanggapi hal ini. Tadi juga kita sudah hubungi pihak BNPB," tutupnya.

Editor: Yudha