Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disepakati Dikonsultasikan ke Mendagri

Ini Dinamika Rapat Pimpinan dan Ketua Fraksi DPRD Kepri Mengenai Wagub Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 27-04-2017 | 19:14 WIB
rapat-wagub-400x192.gif Honda-Batam

PKP Developer

Rapat Pimpinan DPRD dengan Ketua Fraksi di DPRD Kepri berlangsung alot dan saling tuding, sehingga memperlambat pelaksanaan pemilihan Wakil Gubernur atas dua nama yang diusul dan diajukan Gubernur Kepri. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rapat Pimpinan dengan Ketua Fraksi DPRD Kepri berlangsung alot dan saling tuding terkait pelaksanaan pemilihan Wakil Gubernur atas dua nama calon yang diajukan partai politik pengusung melalui Gubernur Kepri. 

Tak ingin dituding sebagai orang yang memperlambat proses pemilihan Wakil Gubernur Kepri, yang kelengkapan administrasinya belum terpenuhi, akhirnya Ketua DPRD Jumaga Nadeak melempar mekanisme pemilihan kepada para pimpinan lainnya dan Ketua Fraksi di DPRD Kepri.

Anggota Fraksi Demokrat, Hotman Hutapea, lantas mengusulkan agar DPRD berkonsultasi ke Kemendagri. "Jadi dua pilihan. Pimpinan yang berkonsultasi ke Kemendagri atau pimpinan membentuk pansus untuk berkonsultasi ke Kemendagri," kata Hotman di ruang rapat Ketua DPRD Kepri, Kamis (27/4/2017).

Rapat Pimpinan DPRD Kepri dengan Ketua Fraksi di ruang rapat Ketua DPRD Kepri (Foto: Charles Sitompul)

Perkembangan selanjutnya, seluruh fraksi justru mengembalikan mekanisme pemilihan ini kepada pimpinan. "Kami meminta agar mekanisme ini dikonsultasikan di tataran pimpinan saja," kata Ketua Fraksi PKS, Abdulrahman LC.

Demikian juga Fraksi PDIP. Anggota Fraksi Sahat Sianturi mengatakan, bahwa kekosongan posisi Wakil Gubernur ini mengganggu jalannya pemerintahan.

Fraksi PDIP mendorong agar Pimpinan DPRD segera membahas mekanisme ini dengan Kemendagri. "Ada dua pendapat di sini. Untuk mendudukkannya, Pimpinan bisa segera mengkonsultasikan ke Kemendagri," pinta Sahat.

Rapat Pimpinan DPRD Kepri dengan Ketua Fraksi di ruang rapat Ketua DPRD Kepri (Foto: Charles Sitompul)

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Husnizar Hood mempertanyakan apakah berkas yang diserahkan ke Gubernur, adalah berkas yang sama yang diterima DPRD Kepri.

"Kebetulan, saya yang mengantarkan berkasnya ke Gubernur. Apakah berkas yang Ketua terima sama dengan yang saya antar," kata Husnizar.

Mengenai hal ini, Ketua DPRD Jumaga Nadeak mengatakan bahwa berkas yang diterimanya masih kurang. "Surat dukungan partai dan pengunduran diri yang belum ada," kata Jumaga.

Ketua DPRD Jumaga pun berjanji untuk membuka seluruh proses dan tahapan pemilihan wakil gubernur ini agar dapat dikawal bersama-sama.

Editor: Udin