Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Di Lingga Kebutuhan Pokok Jelang Ramadhan Masih Aman
Oleh : Bayu Yiyandi
Kamis | 27-04-2017 | 12:38 WIB
yusmalizar-Lingga1.jpg Honda-Batam

Kabid Perdagangan di Dinas PMPTSP-P Lingga, Yusmalizar.

BATAMTODAY.COM, Daiklingga - Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (PMPTSP-P) Kabupaten Lingga menyatakan stok kebutuhan pokok jelang Ramadhan dipastikan aman. Sampai saat ini juga terpantau tidak ada kenaikan harga yang terjadi.

 

"Mengenai stok kebutuhan pokok beberapa Minggu jelang Ramadhan ini masih bagus, relatif aman la. Kita juga sudah pantau dibeberapa agen distributor," kata Kabid Perdagangan, Yusmalizar di ruang kantornya, Kamis (27/04/2017).

Dia mengatakan, saat ini pihaknya juga telah melakukan rapat terpadu bersama instansi terkait dan juga agen pendistribusian kebutuhan pokok di Lingga untuk mengantisipasi permintaan pada ramadhan nanti.

"Masalah pasokan dan stok kebutuhan ini, kita sudah melakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait baik vertikal maupun horizontal dalam rangka menyambut ramadhan ini lah. Pertama menyangkut ketersedian stok, kedua kelancaran distribusi dan terakhir kenaikan harga," ujarnya.

"Karena lingga bukan daerah penghasil, jadi kita menjaga jangan sampai pendistribusian barang ketempat kita terhambat," tambahnya lagi.

Selain menjamin ketersediaan barang-barang kebutuhan pangan masyarakat, pihaknya juga mengatur penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) di pasaran berdasarkan surat edaran yang diterima dari Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri.

Beberapa barang kebutuhan yang sudah ditetapkan harganya yakni diantaranya, gula kualitas lokal diangka Rp12.500 per kilogram, minyak goreng diangka Rp11 ribu per liter dan daging sapi beku segar diangka Rp80 ribu per kilogram.

"Intinya masih aman la. Harga pun kita pantau belum ada yang naik. Kita langsung cek ke masing-masing agen yang ada di Lingga ini," ungkapnya.

Editor: Yudha