Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Long Weekend, Ribuan Penumpang Padati Pelabuhan Sri Bintan Pura
Oleh : Ismail
Senin | 24-04-2017 | 12:50 WIB
penumpang-padati-SBP.jpg Honda-Batam

Ribuan penumpang memadati Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang pada Senin (24/4/2017). (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Long Weekend atau libur panjang pada Sabtu, Minggu lalu ditambahkan dengan Senin (tanggal merah/peringatan Isra Miraj, red) dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur, baik dalam dan luar kota.

Hal tersebut terlihat dari arus transportasi laut dari Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP), Senin (24/4/2017).

Ribuan penumpang domestik antar pulau memadati Pelabuhan SBP. Pemandangan tersebut, sudah terjadi sejak hari pertama libur pada Sabtu (22/4/2017) lalu. "Memang kalau libur begini kondisinya. Mulai dari Sabtu kemarin," ujar salah satu satpam Pelindo Cabang Tanjungpinang.

Menurutnya, kepadatan jumlah penumpang tersebut biasanya didominasi oleh calon penumpang dengan tujuan Lingga dengan jadwal kapal pada siang hari. Begitu pula dengan arus penumpang dengan tujuan Batam. "Biasanya, kalau hari begini mencapai 2 ribu orang," katanya.

Sementara itu, Kepala Pos (Kapos) Pelabuhan SBP KSOP Kelas II Tanjungpinang, Sutoyo mengatakan, aktifitas transportasi laut di Pelabuhan SBP tetap berjalan lancar. Meski cuaca mendung sejak pagi, namun kondisi angin dan gelombang kawasan perairan Batam tidak begitu besar. "Jarak pandang pun masih bisa teratasi. Tidak menganggu lah," katanya.

Sutoyo menambahkan, jika kondisi cuaca cukup menganggu, maka pihaknya akan menunda jam keberangkatan Fery sampai kondisi cuaca kembali normal. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan penumpang.

"Kalau sekarang masih bisa teratasi. Tapi, jika tidak memungkinkan, kami akan tunda," cetusnya.

Editor: Yudha