Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Siswa SMKN 1 Lobam dan Bintan Utara Ikuti Seminar dan Industrial Trip BIE Lobam
Oleh : Harjo
Kamis | 16-05-2024 | 16:04 WIB
Seminar-BIE-Lobam1.jpg Honda-Batam
Kegiatan seminar dan industrial trip siswa SMK di Kawasan Industri BIE Lobam. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kawasan Bintan Industrial Estate (BIE) terus berkembang sejak 5 tahun terakhir. Strategi dan revitalisasi infrastruktur yang dilakukan, mampu meningkatkan kepercayaan investor untuk mengembangkan bisnisnya.

Hingga saat ini, PT Bintan Inti Industeial Estate (BIIE) sukses menarik masuk beberapa investasi baru, di antaranya adalah PT IGCL, PT MSJ, PT NEI dan PT BIG. Hadirnya investasi baru tersebut membuka peluang kesempatan kerja untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan.

General Menwger PT BIIE, Adtya Laksamana, menyampaikan sejalan dengan perkembangan Kawasan Industri BIE, pihaknya terus berupaya membangun pendidikan di wilayah sekitar Kawasan melalui program-program CSR bidang pendidikan.

"BIIE Peduli Pendidikan, adalah bentuk komitmen berkelanjutan PT BIIE. Sehingga kemajuan Kawasan juga dapat berdampak baik kembali ke lingkungan masyarakat," katanya.

Dijelaskan, tema yang dipilih untuk acara kali ini adalah "SDM Unggul dan Profesional di Dunia Industri". Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan sikap profesionalisme kerja serta penerapan teknologi-teknologi baru yang awam digunakan di dunia industri agar wawasan kerja siswa/wi dapat bertambah dan semakin bersemangat untuk terus berprestasi meraih cita-cita.

Para ahli praktisi dunia industri dan pendidikan diundang untuk memberikan sharing pemahaman terkait bidang HR yang meliputi pembuatan CV (Curriculum Vitae), tips sukses interview, sanksi kedisiplinan dari HR Manager PT BOMC hingga bagaimana menerapkan etos kerja yang baik serta metode 5S dari LPK Bintan Cakrawala yang sangat berguna didunia kerja.

"Semoga siswa dan siswi SMKN 1 Serikuala Lobam dan Bintan Utara, semakin bertambah semangat serta minatnya untuk terus belajar dan mengejar prestasi. Sehingga kebutuhan tenaga profesional yang berstandar internasional dapat terpenuhi oleh SDM lokal disekitar Kawasan," harapnya.

Dari sisi lain, semoga ke depan semakin banyak Tenant yang ikut berpartisipasi baik dalam kegiatan ini maupun kegiatan CSR lainnya. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat di sekitar Kawasan Industri BIE. Agar tercipta lingkungan yang harmonis, saling mendukung dan membangun untuk kemajuan bersama.

Adapun rangkaian acara yang dilaksanakan adalah seminar dan field trip (industrial visit) bagi siswa daan siswi SMKN 1 Seri Kuala Lobam dan SMKN 1 Bintan Utara. Acara seminar dilaksanakan di Auditorium Wisma BIE dan dilanjutkan dengan berkunjung ke Tenant-tenant Kawasan. PT CCI, PT Sanden, PT Bionesia, PT Singatac, dan PT BOMC telah memberi dukungan penuh pada kegiatan ini dengan membuka pabriknya untuk dikunjungi, serta ada juga Tenant yang memberikan alat tulis berkualitas untuk keperluan sekolah.

Turut hadir dalam acara Seminar dan Industrial di Kawasan Industri BIE di Lobam, perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Camat Bintan Utara, Camat Serikuala Lobam, Lurah Teluk Lobam, serta sejumlah unsur pimpnan perusahaan yang ada di dalam kawasan BIE.

Editor: Yudha