Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

4 Posisi Tidur yang Bisa Mengurangi Rasa Sakit Tubuh
Oleh : Redaksi
Senin | 24-04-2017 | 11:06 WIB
tidur-01.gif Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Batam - Siapa yang bilang tidur merupakan hal yang paling menyenangkan? Bagi orang-orang yang nggak punya masalah kesehatan sama sekali tak akan memiliki masalah saat mereka berbaring. Tapi, beberapa orang yang punya masalah dengan punggung, bahu, dan masalah kesehatan lainnya, tidur menjadi pekerjaan yang nggak gampang, lho.

 

Dilansir dari NTD Inspired, posisi tidur ternyata punya kaitan erat dengan gangguan ini. Sialnya, setiap posisi tidur memengaruhi seluruh aspek pada tubuhmu. Jadi, bukan cuma punggung dan badanmu saja, girls. Tapi hidung, mata, dan lainnya punya kaitan yang erat dengan posisi tidur. Makanya, beberapa keluhan atau gangguan kesehatan akan mereda setelah kamu membaringkan tubuh di atas kasur.

Bukan cuma itu, beberapa gangguan kesehatan ringan bahkan bisa disembuhkan hanya dengan posisi tidur. Seperti sinusitis, sakit punggung, dan juga PMS. Buat kamu yang ingin tahu, berikut pembahasan selengkapnya.

1. Kamu yang punya sakit punggung, entah karena cedera atau memang ada kesalahan posisi duduk dan tidur, kadang butuh berbulan-bulan hingga rasa sakit itu reda dan hilang. Pijat mungkin kadang bisa mengurangi rasa sakit. Tapi, menemukan tukang pijat yang sangat mahir dan memang mengerti soal otot dan juga saraf sangat jarang.

Dari pada ambil risiko mencoba-coba, lebih baik kamu berbaring di tempat tidur dengan posisi terlentang. Wajahmu menghadap ke langit-langit. Kepalamu berada di atas bantal. Tapi, jangan lupa untuk menaruh guling kecil pada punggungmu. Lalu, letakkan juga bantal kecil di bawah lutut. Dengan posisi ini, sakit punggungmu akan reda.

2. Kamu yang menderita sinusitis pasti merasa sangat pusing. Bukan cuma itu, kamu juga merasa sangat sakit pada kening, dan bagian wajah di sekitar pipi, mata, dan hidung. Ini dikarenakan lendir-lendir bersarang di rongga tulang wajah. Nah, untuk meredakan sakit ini, kamu tinggal berbaring di atas kasur. Letakkan kepala di atas beberapa bantal yang kamu tumpuk. Kalau bisa, lebih dari 3 bantal.

3. Siapa bilang PMS atau sakit perut sebelum atau pada saat haid tak ada obatnya? Dari pada kecanduan obat penahan rasa sakit, kamu lebih baik minum jamu herbal yang kamu bikin sendiri, untuk melancarkan peredaran darah dan juga menyehatkan rahim dan organ reproduksi lainnya.

Tapi, ada cara lain yang nggak repot dan nggak mengeluarkan biaya. Yaitu dengan posisi tidur yang harus kamu atur. Caranya, berbaring terlentang, dengan wajah menghadap ke atas, kepala berada di atas satu batal. Kemudian, taruh dua bantal kecil di bawah lututmu. Posisi ini membuat tulang punggungmu lurus dan nggak melengkung. Rasa sakit pada saat PMS pun juga akan berkurang karena posisi tubuh lebih lurus.

Sumber: bintang.com
Editor: Gokli