Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Masyarakat Berharap Pelayanan Polindes Busung Lebih Dioptimalkan
Oleh : Harjo/ CR-15
Senin | 17-04-2017 | 20:02 WIB
Kades-Busung,-Rusli-400x192.gif Honda-Batam

Rusli, Kepala Desa Busung, Kecamatan Serikuala Lobam (Foto: CR-15/ Harjo)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Pelayanan kesehatan di Poliklinik Desa (Polindes) Desa Busung, Kecamatan Serikuala Lobam, Bintan, dinilai belum maksimal dan perlu ditingkatkan. Mengingat Polindes tersebut, merupakan satu-satunya tempat pelayanan kesehatan di desa itu. 

Kurangnya tenaga medis serta seringnya ketidakhadiran pelayan medis, seperti Bidan yang bertugas, membuat sebagian masyarakat setempat mengeluh. Sebab, masyarakat harus menempuh jarak yang cukup jauh  ke Rumah Sakit Daerah, jika tenaga medis sedang tidak berada di tempat.

"Sering kali Bidan tidak ada di tempat (Polindes) dan masyarakat tidak mendapatkan pelayanan saat membutuhkan pelayanan kesehatan mendadak. Jadinya masyarakat di sini harus berobat ke Puskesmas di Kuala Simpang atau langsung ke RSUD," ungkap  Zakaria, salah seorang warga Desa Busung, Senin (17/4/2017).

Selain itu, dia juga mengungkapkan, masyarakat merasa kecewa dengan pelayanan kesehatan di desa mereka itu. Sehingga mereka berharap, agar pemerintah lebih memperhatikan masalah tenaga medis di Polindes Busung ini.

"Saya dan masyarakat berharap adanya perhatian dari pemerintah setempat, agar operasional Polindes meningkat dan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan semakin membaik." tambahnya.

Sementara itu, Rusli, Kepala Desa Busung, secara terpisah menyampaikan, terkait masalah keluhan masyarakat bahwa paramedis jarang di tempat, memang benar adanya. Terutama kata Rusli lagi, hari libur seperti hari Sabtu dan Minggu.

"Memang benar terjadi paramedis di Polindes jarang di tempat, terutama hari libur. Walaupun mereka, seperti Bidan misalnya memberitahukan, kalau mereka sedang tidak di tempat," terang Rusli membenarkan.

Editor: Udin