Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Melawan Rasa Kantuk Saat Jam Kerja
Oleh : Magid
Kamis | 27-10-2011 | 11:20 WIB
pemalas.gif Honda-Batam

Rasa kantuk yang mengganggu saat jam kerja tentu sangat merugikan. Foto:dokumen

BATAM, batamtoday - Mengantuk, badan letih lesu pada saat jam kerja tentu sangat mengganggu Anda. Lantas bagaimana mengatasi persoalan tersebut? sebagian besar memilih menggunakan doping dengan mengkonsumsi minuman energy dengan kadar asam tinggi. Sebagian lainya memilih menggunakan suplemen dan obat-obatan sebagai solusi melawan rasa kantuk dan lesu.

Namun, John Gordon dalam bukunya The 10 minute Energy Solution menawarkan solusi lain yang lebih aman. Dalam buku yang juga menjadi best seller itu, John memberikan tips melawan rasa kantuk dan lesu tanpa obat. Buku berisi kumpulan tips tersebut disusunya berdasarkan riset yang dilakukan selama beberapa tahun.

Berikut tips menurut John Gordon seperti yang dikutip batamtoday dari laman pribadinya, Kamis(27/10/2011): 

Latihan Pernafasan
Angkat kedua lengan keatas kepala sambil tarik nafas dalam. lalu tuunkan lengan secara perlahan sambil menghembuskan nafas. cara ini membantu anda menciptakan eneri dan meningkatkan sirkulasi.

Dapatkan sinar matahari
Memaparkan wajah dengan cahaya terang selama 10 menita di pagi hari membangkitkan motor tubuh sepanjang hari. cahaya menstimulir pelepasan zat kimia otak yang membangkitkan semangat.

Minum sebelum haus
Minum air secara teratur untuk memastikan batere anda tidak melemah. studi-studi menunjukkan cairan tubuh hanya turun 2% saja dapat menyebabkan fatigue, lesu, tak bersemangat dan sakit kepala.

Sentuh wajah
Usap dahi secara perlahan kebelakang kepala; pijat kedua daun telinga untuk mengaktifkan titik energi dan usap pipi untuk meningkatkan sirkulasi.

Hirup aroma pepermint
Minyak di dalam tumbuhan pepermint, menstiumulir saraf tregeminal. saraf yang sama yang di aktifkan ketika anda menyadarkan seseorang yang pingsan dengan garam beraroma tajam.