Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peringatan Hari TB Sedunia

Sebanyak 863 Warga Batam Mengidap Penyakit TB
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 13-04-2017 | 12:28 WIB
Pengobatan-gratis1.jpg Honda-Batam

Kantor Kesehatan Pelabuhan gelar pengobatan gratis, Kamis (13/4/2017).

BATAMTODAY.COM, Batam - Memperingati hari Tuberkulosis (TB) pada tanggal 24 Maret lalu, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Batam memberikan perobatan gratis yang digelar di Pelabuhan Ferry Internasional Sekupang, Kamis (13/4/2017).

Kegiatan yang digelar di lokasi parkir pelabuhan Ferry Internasional itu dihadiri langsung Walikota Batam, Rudi dan wakilnya Amsakar Ahmad serta kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Didik Kusmarjadi.

Dalam sambutanya, Rudi menekankan kepada Kepala Dinas Kesehatan untuk mencegah penderita TB di Batam baik daerah hinterland maupun mainland. "Sekarang jumlah penderita TB di Batam capai 863 jiwa. Jumlah ini sangat tinggi," katanya.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan kader kesehatan di Batam harus turun langsung rumah ke rumah. Hal itu guna mengurangi angka penderita penyakit TB.

"Batam harus bebas penyakit TB, fasilitas kita lengkap, Provinsi, BP Batam semua punya," ujarnya.

Sementara itu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas 1 Batam, Anas Mahruf mengatakan penyakit TB harus di cegah bersama-sama. Bila anda batuk berdahak lebih dari 2 minggu dan ada gejala tambahan TB lainya (berat badan turun, nafsu makan berkurang, demam dan meriang, berkeringatan malam hari tanpa melakukan aktifitas) segera sampaikan ke pusat kesehatan terdekat.

"Bila ada masyarakat yang memiliki kejala yang sama segera rujuk ke rumah sakit terdekan. Karena penyakit TB menular," ujarnya.

Langkah yang dilakukan ketika sudah terinpeksi penyakit TB yang tepat dengan memeriksakan dahak di laboratorium. Serta Lakukan pemeriksaan dahak sesuai anjuran petugas agar mendapatkan hasil yang optimis. "Obat TB gratis tersebar di fasilitas sesehatan. Jadi jangan khawatir," pungkasnya.

Editor: Yudha