Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Server Salah Setting, UNBK di SMA Kartini Batam Molor Hingga Pukul 10.00 WIB
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 10-04-2017 | 10:57 WIB
unbk-01.gif Honda-Batam

Siswa SMA sedang menjalankan Ujian Nasional. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) di Provinsi Kepulauan Riau, Senin (10/4/2017), dilaporkan berjalan lancar dan baik.

Hanya saja, siswa SMA Kartini Batam tidak bisa memulai ujian tepat waktu atau molor karena ada kesalahan pada server, sehingga siswa tidak bisa membuka soal-soal ujian yang telah didownload oleh pihak sekolah.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau, Atmadinata, mengatakan, UNBK sejatinya dimulai pukul 07.30 Wib. Namun, siswa SMA Kartini Batam baru mulai ujian pukul 10.00 WIB dikarenakan salah setting pada server sehingga siswa tidak bisa membuka soal-soal ujian.

"Pelaksanaan UNBK berjalan lancar. Hanya satu sekolah saja, di SMA Kartini, itu juga karena salah setting. Selebihnya tidak ada kendala. Semua berjalan dengan baik, mereka (SMA Kartini) juga sudah melakukan ujian pada pukul 10.00 WIB," terang Atma saat dihubungi, Senin (10/4/2017).

Atma mengatakan, dirinya mendapatkan laporan tentang adanya kendala di SMK Kartini sejak pagi. Kemudian dia langsung mengirimkan teknisi untuk memberikan bantuan ke sekolah tersebut agar ujian bisa segera dilaksanakan.

"Karena salah setting saja, jadi cepat. Teknisinya sudah bekerja dengan baik," tutur Atma.

Terkait kabar yang beredar, bahwa server di sekolah tersebut terkena virus, Atma membantah. Menurutnya, jika memang terkena virus, maka seluruh sekolah tidak akan dapat ujian karena terintegrasi ke seluruh sekolah di Indonesia.

"Servernya baru, dan itu bukan virus. Cuma keselahan kecil saja," terangnya.

Editor: Gokli