Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga CPO Malaysia Diprediksi Tembus Level RM3 Ribu
Oleh : Magid
Rabu | 26-10-2011 | 09:57 WIB
CPO.jpg Honda-Batam

Kelapa Sawit. Foto: dokumen

KUALA LUMPUR, batamtoday - Harga minyak sawit mentah (CPO) di Malaysia, diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup significant dalam tiga bulan mendatang. Diperkirakan harga CPO akan menembus level RM3 ribu per ton, mengingat jumlah produksi Malaysia terus berkurang, sementara permintaan semakin bertambah.

Ketua IOI Corp Bhd, Tan Sri Lee Shin Cheng, persoalan yang dihadapi Malaysia terkait dengan menurunya jumlah produksi sawit dipengaruhi beberapa faktor, yakni kurangnya tenaga kerja, serta cuaca yang tidak bersahabat dalam beberapa waktu terakhir.

"Mulai saat ini harga sudah mengalami kenaikan, dalam waktu dekat akan menembus angka RM3 ribu per on," katanya, Rabu (26/10/2011).

Kondisi tersebut, lanjut Tan Sri Lee, pengusaha akan semakin sulit mengingat permintaan yang terus meningkat dari sejumlah negara seperti China, India dan Pakistan yang harus segera terpenuhi.

"Perlu kita fikirkan, bagaimana solusi kedepan, karena bagaimanapun juga dibalik persoalan ini sebenarnya Malaysia akan menikmati keuntungan yang lebih besar," jelasnya.