Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Terakhir UNBK, Beberapa Soal Ujian Hilang di Komputer SMK 5 Batam
Oleh : CR-14
Kamis | 06-04-2017 | 16:02 WIB
Kepsek-SMK51.gif Honda-Batam

Kepala Sekolah SMK 5 Batam, Agus Sahril. (Foto: CR-14)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaksanaan ujian Nasional berbasis komputer (UNBK) pada hari terakhir, Kamis (6/4/2017) di SMK 5 Kecematan Sagulung terjadi masalah.

 

Sejumlah siswa tidak bisa mengerjakan soal ujian karena banyak yang hilang. Terutama soal pelajaran kejuruan seperti Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan serta Perkapalan.

Kepala sekolah SMK 5 Agus Sahril mengatakan, hilangnya soal di komputer pada hari terakhir ujian UNBK ini membuat siswanya tidak bisa mengerjakan soal UNBK dengan tuntas. "Ada sekitar 10 soal yang hilang, paling banyak gambar- gambar teori kejuruan" ujarnya.

Berdasarkan instruksi dari Kementerian Pendidikan, lanjut Agus, soal siswa yang hilang lebih dari 10 akan mengikuti ujian susulan. Sedangkan kalau kurang dari 10 soal cukup membuat berita acara melalui website Kementerian Pendidikan Ujian Berbasis Komputer (UBK) melalui menu peloporan.

Menurut Agus soal yang banyak hilang soal teori kejuruan Multimedia, Perkapalan dan Teknik Komputer dan Jaringan. Walaupun ada beberapa soal yang hilang siswanya tetap mengerjakan soal sampai dengan selesai.

"Walaupun ada beberapa soal yang hilang, tapi semuanya berjalan normal. Sebelumnya juga kita sudah koordinasi dengan pihak PLN Batam agar tak ada pemadaman listrik dan juga terhadap pihak PT Telkom agar tetap pantau jarigan internet," ujarnya.

Sejumlah siswa kejuruan Teknik Komputer dan Jaringan listrik SMK 5 yang sedang melaksanakan UNBK hari terakhir mengeluhkan terdapat soal yang sulit di kerjakan, karena terdapat materi yang belum di pelajari sebelumnya. Serta terdapat soal yang tidak dan hilang membuat siswa menjadi bingung untuk mengerjakan soal tersebut.

"Banyak soal yang buram dan tidak jelas ditambah lagi dengan sulitnya soal membuat saya tambah bingung jadinya," ujar Putri, Siswa Teknik Komputer dan Jaringan.

Editor: Yudha