Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lis Bantu Warga Sebauk Melalui Iuran Bersama
Oleh : Redaksi
Selasa | 04-04-2017 | 20:02 WIB
Lis-tinjau-rumah-mbah-Sukiyah.gif Honda-Batam

Setiba di lokasi, Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH, langsung mengamati kondisi rumah mbah Sukiyah yang cukup memprihatinkan. (Foto: Humas Pemko Tanjungpinang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah SH bersama istrinya selaku Ketua Tim penggerak PKK Kota Tanjungpinang yang juga anggota DPRD Provinsi Kepri, Hj Yuniarni Pustoko Weni SH, memberikan bantuan renovasi rumah dan pengobatan mata kepada mbah Sukiyah (83) di Kampung Sebauk Darat, Kelurahan Senggarang Tanjungpinang, Selasa (4/4/2017).

Bantuan yang diberikan untuk renovasi rumah mbah Sukiyah serta pengobatan matanya yang bersumber dari iuran Lis dan Weni secara pribadi, selain itu juga dari Camat dan Lurah serta tokoh masyarakat setempat. Dana yang digunakan merupakan dana gotong royong bersama, bukan melalui APBD agar masyarakat yang membutuhkan dapat segera tertolong.

Setiba di lokasi, Walikota langsung mengamati kondisi rumah mbah Sukiyah yang cukup memprihatinkan.  Rumah berlantai semen dengan atap yang bocor dan dinding terkelupas itu, rusak dimakan usia.  

Di sinilah ia tinggal dengan bantuan tetangga. Penglihatannya juga sudah mulai berkurang. Bahkan, saat ini ia tinggal di rumah tetangganya.

Ketika berbincang dengan Mbah Sukiyah, Lis tampak mendengarkan keluh kesahnya. Sesekali diselingi dengan canda tawa, sehingga membuat Mbah Sukiyah terlihat bahagia dengan kehadiran Walikota yang tidak disangka-sangkanya itu. (Foto: Humas Pemko Tanjungpinang)

Lis dan Weni tampak iba melihat orang tua tersebut. Ia langsung menugaskan pihak Kelurahan agar mencatat segala kebutuhan bahan bangunan yang diperlukan untuk memperbaiki rumah mbah Sukiyah.

Ketika berbincang dengan Mbah Sukiyah, Lis tampak mendengarkan keluh kesahnya. Sesekali diselingi dengan canda tawa, sehingga membuat Mbah Sukiyah terlihat bahagia dengan kehadiran Walikota yang tidak disangka-sangkanya itu.

"Mbah, rumahnya diperbaiki dulu ya selama 1 minggu ini, sementara mbah tinggal di sini dulu", ujar Lis,  sedangkan mbah Sukiyah pun mengangguk tanda setuju.  

Selain itu, Lis juga meminta agar Dokter PTT yang bertugas di wilayah tersebut untuk mengecek mata mbah Sukiyah . "Tolong diperiksa mata mbah ya!,  bila memang katarak, segera kita obati," ungkap Lis melalui rilis yang disampaikan Humas Pemko Tanjungpinang ke email redaksi BATAMTODAY.COM.  

Lis menambahkan, untuk memperbaiki rumah mbah Sukiyah, mereka akan menggunakan angaran secara keroyokan. Artinya saling gotong-royong memberi bantuan kepada mbah Sukiyah. Sebab kalau menunggu APBD  pasti butuh waktu lama baru bisa diperbaiki.

"Sudah menjadi tanggung jawab pemerintah membantu masyarakatnya, terlebih seperti mbah Sukiyah memang harus diprioritaskan," tegasnya.

Sementara itu, Weni mengatakan bahwa ia mengetahui keadaan mbah Sukiyah dari laporan salah satu kadernya di PKK.  Untuk itu ia langsung turun ke lapangan.

Weni mengatakan mbah Sukiyah akan dibantu melalui dana pribadi dan para kader PKK. "Mudah-mudahan dengan bantuan ini dapat membantu meringankan beban mbah," ujar Weni.

Ketua Tim penggerak PKK Kota Tanjungpinang yang juga anggota DPRD Provinsi Kepri, Hj Yuniarni Pustoko Weni SH, berpamitan sekaligus memberi semangat kepada mbah Sukiyah (Foto: Humas Pemko Tanjungpinang)

Weni dan Lis, berpamitan sekaligus memberi semangat kepada mbah Sukiyah. " Mbah kami pamit dulu ya, mbah jaga kesehatan, masalah rumah jangan dipikirkan," ucap Weni sembari menyalami mbah Sukiyah.

Di tempat terpisah, Erni, selaku Ketua RT 2 RW 6 Kampung Sebaok Darat menceritakan bahwa mbah Sukiyah hanya tinggal sendiri. Untuk makan sehari-hari mbah mendapatkan bantuan dari tetangga. Sebelum mbah mengalami ganguan penglihatan, mbah mau bekerja, seperti menyapu atau mengupas bawang. Namun sejak 3 tahun lalu matanya tidak jelas, mbah hanya bisa duduk di tempat tidur saja.

Editor: Udin