Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Kepri Sosialisasi Bahaya Penyakit TB di Gedung Gonggong
Oleh : Ismail
Sabtu | 01-04-2017 | 09:14 WIB
TB-01.gif Honda-Batam

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri melaksanakan senam sehat bersama masyarakat di halaman Gedung Gonggong, Tanjungpinang pada Sabtu (1/4/2017) untuk memperingati hari TB sedunia. (Foto:Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hari Tuberkulosis (TB) sedunia yangg jatuh pada 24 Maret 2017, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepri melaksanakan senam sehat bersama masyarakat di halaman Gedung Gonggong, Tanjungpinang pada Sabtu (1/4/2017). Dalam gelaran senam sehat ini, juga dibarengi dengan sosialisasi bahaya, penularan dan pencegahan penyakit TB kepada peserta senam sehat.

 

Kepala Dinkes Kepri, Tjetjep Yudiana menyampaikan, TB merupakan penyakit pembunuh nomer tiga di Indonesia. Meski penularannya tidak seperti HIV/AIDS, namun bahanya penyakit paru-paru ini bisa membunuh jika tidak ditangani sejak dini.

"Penyakit TB ini merupakan penyakit menular pembunuh nomer 3 di Indonesia. Jadi, penting diketahui masyarakat terkait pencegahan serta deteksi dini penyakit ini," ujar Tjejep.

Gaya hidup tidak sehat, serta lingkungan yang kotor, dikatakan Tjetjep, bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit ini kepada manusia. Tak hanya itu, paling utama timbulnya penyakit ini adalah kebiasaan merokok yang masih banyak dilakukan masyarat.

"Penyakit TB ini bisa menyerang siapa saja. Yang paling utama pemicunya adalah kebiasaan merokok yang masih banyak dijumpai di masyakat kita," ungkapnya.

Oleh karena itu, penting dilakukan sosialisasi bahaya, pencegahan, dan deteksi dini penyakit TB. Hal itu bertujuan untuk mencegah penularan dan pengobatan penyakit berbahaya ini.

Selain sosialisasi dan gelaran senam sehat, dalam kegiatan ini juga dibagikan doorprise dengan hadiah menarik bagi peserta.

Editor: Gokli