Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Mobil Klasik Amerika dan Inggris Termahal Sepanjang Sejarah
Oleh : Redaksi
Rabu | 29-03-2017 | 15:38 WIB
Shelby-Cobra1.gif Honda-Batam

Mobil Shelby Cobra. (Foto: ENERGY.GOV via Wikimedia Commons/CC-PD-Mark)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua mobil klasik asal Inggris dan Amerika menembus rekor mobil termahal dari catatan sepanjang penjualan lelang. Mobil tersebut, adalah Jaguar D-Type dan Shelby Cobra keluaran pertama.

Seperti dikutip dari CNN, pembeli yang tidak mau disebutkan identitasnya mengeluarkan kocek US$21,8 juta untuk Jaguar, sedangkan US$13,8 untuk Shelby. Kedua harga tersebut sudah masuk ke dalam biaya lelang yang diadakan tahun lalu di Monterey, California.

Untuk Shelby Cobra, adalah mobil asli yang terispirasi dari garis ikon dan menjadi mobil paling dikenal dengan kinerja terbaik di Amerika. Sebenarnya, mobil tersebut memang dibandrol dengan harga tinggi, namun kali ini ialah harga termahal.

Mengapa demikian, mobil itu telah dianggap istimewa karena merupakan milik Carrol Shelby sampai kematiannya di 2012, silam. Pada 1950, Carroll Shelby memiliki karir yang sukses sebagai pembalap mobil, tetapi penyakit jantung mengakhiri semuanya.

Setelahnya, Shelby memutuskan membuat mobil sport impiannya. Ia mampu membangun sebuah mobil pada 1962, Cobra dan mampu mengalahkan General Motors (GM) Chevrolet Corvette di trek balap. Shelby melakukannya sesudah mengambil tubuh mobil sport Inggris AC Ace dan mengisinya dengan mesin Ford V8 yang bertenaga. Mobil yang dihasilkan ringan tetapi cepat.

Rekor sebelumnya untuk sebuah mobil Amerika, dijual dilelang dan menetapkan keluaran 1968 Ford GT40, yang dijual pada 2012 sebesar US$11 juta.

Sementara, Jaguar D-Type merupakan mobil balap terkenal dengan ciri khas sirip vertical besar. Mobil itu juga sudah masuk ke dalam rekor di lomba ketahanan selama 24 jam.

Saat ini hanya empat mobil buatan Inggris yang pernah atau telah dijual dan dilelang untuk lebih dari US$10 juta. Rekor sebelumnya bagi mobil Inggris, yakni keluaran 1963 Aston Martin DB4 GT Zagato dan laku seharga $14.3 juta di 2015.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha