Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Alamak.. Seluruh Puskesmas di Batam Ternyata Belum Terakreditasi
Oleh : Irwan Hirzal
Rabu | 29-03-2017 | 13:02 WIB
Workshop-akreditasi-puskesmas1.gif Honda-Batam

Workshop akreditasi Puskesmas Kota Batam di Goodway Hotel, Nagoya. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dari 17 Puskesmas yang ada di Batam, ternyata belum satupun yang memiliki predikat terakreditasi. Puskesmas di Batam tertinggal dari kabupaten/kota lain di Provinsi Kepri.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Tjetjep Yudiana, mengatakan, Puskesmas di Kepri yang sudah terakreditasi ada 5 yakni 2 Puskesmas di Tanjungpinang, 2 Puskesmas di Natuna dan 1 Puskesmas di Bintan.

"Di Kepri ada 5 Puskesmas yang terakreditasi. Sebenarnya sejak tahun lalu Batam diberikan kesempatan karena persiapanya belum mampu, dan baru tahun ini bisa dilaksanakan," ujar Tjetjep Yudiana dalam acara Warkshop akreditas Puskermas se-Kota Batam di Hotel Goodway, Nagoya Rabu (29/3/2017) siang.

Tjetjep mengatakan dalam kegiatan workshop akreditas Puskesmas se-Kota Batam diharapkan mampu mendapatkan akreditas. Karena SDM dan fasilitas Puskesmas sangat memadai, hanya saja prosesnya sedang berjalan.

"Saya yakin seluruh Puskemas di Batam bisa terakreditasi. Karena aturan pusat pada tahun 2019 tidak ada lagi Puskesmas yang belum terakreditasi. Apabila 2019 nanti belum terakreditasi, BPJS tidak memberikan kerjasama kepada Puskesmas," ujarnya.

Diterangkannya, akreditasi ada empat kategori yaitu Dasar, Madia, Utama, dan terahir yang paling sempurna Paripurna. Untuk mendapatkan itu dilakukan penilaian diantaranya manajemen Puskesmas, sarasa/perasaran, SDM, penampilan serta fisik. Bahkan puskesmas wajib memberikan pelayanan yang prima dan nyaman kepada masyarakat.

"Memberikan rasa nyaman kepada masyarakat itu termasuk indikator penilaian mendaptkan akreditas. Saya rasa Puskesmas di Batam mampu," pungkasnya.

Editor: Yudha