Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ayu Ting Ting Diprotes Komisi Perlindungan Anak
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-03-2017 | 11:02 WIB
Ayu-Tingting.jpg Honda-Batam

Ayu Ting-Ting. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Jakarta -Terkadang, perceraian ada yang berdampak tidak indah. Setidaknya itu yang terjadi pada perceraian Ayu Ting Ting dan Henry Baskoro Hendarso alias Enji. Pelantun lagu "Alamat Palsu" ini kabarnya terkesan agak mempersulit Enji untuk bertemu dengan buah hati mereka, Bilqis Khumairah Razak.

 

Enji yang kini sudah menikah dengan wanita lain, sempat meminta istrinya bicara soal Bilqis ke Ayu Ting Ting, namun tak ada hasil yang indah.

"Istri juga sempat ketemu dengan Ayu, tapi hasilnya sama (nihil)," kata Enji, beberapa waktu lalu.

Dan kondisi yang berlarut-larut ini sempat sampai ke telinga Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Melalui Sekjen KPAI, Rita Pranawati sedikit kecewa dan tidak membenarkan sikap pedangdut ini. Menurut Rita, jika ada seorang ibu yang menghalangi pertemuan ayah dan anak, maka hal itu tidak dibenarkan.

"Tidak ada alasan apapun untuk melarang seorang ayah atau ibu untuk bertemu anaknya. Saya menyarankan agar Ayu segera mempertemukan Enji dengan Bilqis karena itu hak anak untuk mengetahui orangtuanya," kata Rita pada Rabu, 15 Maret 2017.

Dan kendati status Ayu dan Enji telah bercerai, namun ada buah hati atau anak seperti Bilqis yang tetap memiliki hak untuk bertemu dengan kedua orangtuanya. Dalam Undang-Undang diatur tentang hal ini. Dan apabila ada pihak orangtua yang mempersulit pertemuan, perbuatan ini menyalahi UU.

Rita menyarankan sebaiknya orang tua yang bercerai tetap mengedepankan hak anak untuk bisa bertemu dengan orang tua seperti diatur dalam UU Perlindungan Anak.

"Orangtua boleh berpisah karena cerai, namun tidak ada yang namanya mantan anak. Ada hak setiap anak dibesarkan dan diasuh oleh orangtuanya sebagaimana diatur dalam UU Perlindungan Anak," kata Rita.

Namun Ayu tampaknya sangat menyanyangi Bilqis. Dalam setiap kesempatan bersama buah hatinya, Ayu selalu mengunggah foto dan status bersama Bilqis di media sosial seperti Instagram. Di media sosial ini sering juga Ayu menunggah kebahagiaanya bercengkrama dengan Bilqis seperti saat liburan ke Dunia Fantasi, saat bangun tidur, saat Bilqis bermain sepeda, atau saat mereka asik main bareng ala ibu dan anak. "We time dengan Bilqis sesuatu yang indah dan paling berharga," tulis Ayu tentang buah hatinya.

Sumber: Tempo.co
Editor: Yudha