Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolda Komitmen Penerimaan Anggota Polri di Kepri Penuhi Prinsip BETAH
Oleh : Hadli
Jum'at | 17-03-2017 | 17:50 WIB
saber-pungli.gif Honda-Batam

Imbauan bebas pungli penerimaan anggota Polri (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapolda Kepri Irjen Polisi Sam Budigusdian berkomitmen, penerimaan anggota Polri di Kepri akan dilaksanakan dengan memenuhi prinsip bersih, transparan, akuntabel dan humanis (BETAH).

"Karena itu, kegiatan penerimaan anggota Polri ini juga diawasi secara ketat oleh tim pengawas internal (Irwasda, Propam dan Tim Saber Pungli), maupun external (Ombusdman, LSM, media, dll), sehingga dapat berjalan secara fair dan objektif," tegas Sam, Jumat (17/03/2017).

Kapolda mengatakan, masyarakat yang ingin mendaftar menjadi anggota Polri agar betul-betul mempersiapkan diri, dengan latihan peningkatan kapasitas. Polres di jajaran Polda Kepri juga diminta membuka kesempatan untuk memberikan bimbingan dan latihan kepada para calon.

"Saya tegaskan, penerimaan anggota Polri ini tidak dipungut biaya. Jangan ada yang tergiur dengan imbalan dari siapapun juga yang bisa memasukkan jadi anggota Polri," tegas Sam.

Selain itu, kata mantan Wakorlantas ini, masyarakat harus menghindari minta rekomendasi atau "kateblece" dari pejabat untuk masuk jadi anggota polri.

Sementara Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol S Erlangga, mengingatkan kepada masyarakat untuk tidak melakukan penyuapan kepada panitia penerimaan anggota Polri. Sebab, penyuap dan penerima suap dapat dipidana.

"Bila diketahui ada yang mencoba suap menyuap kepada panitia akan dipidana, baik pemberi maupun penerima. Untuk itu bila ada menemukan kejanggalan, bisa menginformasikam ke Bidpropam dan Tim Saber Pungli melalui email lapor@saberpunglikepri.id, dumasan.kepri@yahoo.com atau menghubungi Saber Pungli ke nomor 082173609888," imbau Erlangga.

Editor: Udin