Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kapolda Kepri Lantik 200 Bintara Baru Lulusan Perdana SPN Bhayangkara Fisabilillah
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 07-03-2017 | 17:02 WIB
Penutupan-Pendidikan-SPN.gif Honda-Batam

Sebanyak 200 putra terbaik Kepri, rekrutan Polda Kepri dan Polda Metro Jaya, akhirnya resmi diangkat menjadi anggota Kepolisian Republik Indonesia, setelah dinyatakan lulus dari SPN 2017 di Tanjungbatu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Kundur - Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian secara resmi melantik 200 putra terbaik Kepupalau Riau menjadi anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), setelah dinyatakan lulus dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Bhayangkara Fisabilillah di Tanjungbatu, Kecamatan Kundur, Kabupaten Karimun, Selasa (7/3/2017).

Sebanyak 200 anggota Polri lulusan perdana SPN Bhayangkara Fisabilillah tahun 2017 ini merupakan rekrutan Polda Kepri dan Polda Metro Jaya. Mereka dilantik setelah menjalani pendidikan dan pembentukan selama tujuh bulan.

Dengan pelantikan ini, maka sebanyak 200 anggota polisi muda ini langsung diangkat dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda).

Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian berpesan kepada 200 Bintara yang baru dilantik untuk teguh dalam keimanan dan ketaqwaan sebagai landasan moral melaksanakan tugas.

"Saya minta, agar kalian menampilkan sikap polisi pendorong pelayan dan pengayom masyarakat yang memiliki kejujuran dan menjalin kemitraan. Anggota juga harus pahami, hayati dan amalkan Catur Prasetya serta profesional. Hindari perbuatan yang melanggar hukum," tegasnya.

Kapolda juga menekankan, agar 200 Bintara lulusan perdana SPN Bhayangkara Fisabilillah --yang akan ditempatkan di Polda Kepri dan Polres jajaran sebagai Polisi Tugas Umum (Gasum) dan Penggendali Massa (Dalmas), agar dapat memenuhi harapkan masyarakat.

Sam Budi juga meminta 200 Bintara baru itu untuk menjalankan program “Promoter” yaitu Profesional, Modern dan Terpercaya. Seperti diketahui, seluruh bintara ini telah menjalani pendidikan dimulai 10 Agustus 2016 yang lalu hingga 7 Maret 2017.

 

Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, yang diundang dalam pelantikan dan pengangkatan 200 Polisi muda ini, mengucapkan selamat bertugas kepada 200 Bintara Polda Kepri itu.

"Atas nama DPRD Kepri, kami mengucapkan selamat bertugas. Jadilah polisi yang melayani masyarakat," kata Jumaga Nadeak usai mengikuti upacara penutupan pendidikan dan pembentukan bintara Polri di Sekolah Polisi Negara (SPN) Bhayangkara Fisabillilah.

Saat ini, sambungnya, Polri terus merubah paradigmanya untuk mereposisi diri ke arah Polri mandiri dan profesional. Semuanya ini, kata Jumaga, agar terwujudnya Polisi sipil yang dipercaya masyarakat, melalui reformasi di bidang instrumental, struktural maupun kultural, grand strategi Polri.

Adapun penempatan ke-200 luludan perdana SPN Bhayangkara Fisabillilah ini, yakni 125 Bintara asal Kepri akan ditempatkan di Polda Kepri. Sedangkan bintara rekrutan Polda Metro Jaya sebanyak 48 orang akan bertugas di Kepri dan sisanya kembali ke Polda Metro Jaya. Tahun depan, direncanakan SPN Bhayangkara Fisabillilah akan menerima 220 calon bintara baru.

Turut hadir dalam upacara pelantikan bintara lulusan perdana SPN Bhayangkara Fisabillilah, antara lain Bupati Karimun Ainur Rafiq, Sekda Tanjungpinang Riono. Sedangkan Gubernur Kepri diwakili Asisten Raja Ariza.

Editor: Udin