Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Empat Posisi Sekretaris OPD Anambas Masih Kosong
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 01-03-2017 | 15:38 WIB
Wakil_Bupati_Anambas,_Abdul.JPG Honda-Batam

Bupati Anambas, Abdul Haris dalam satu kegiatannya. (Foto: Fredy Silalahi)

?BATAMTODAY.COM, Anambas - Empat posisi strategis di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kepulauan Anambas masih kosong. Pasalnya, empat pejabat yang sebelumnya menjabat sekretaris dipromosikan menjadi kepala dinas dan kepala badan.

 

Adapun jabatan sekretaris OPD yang kosong tersebut yakni, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS), Dinas Koperasi Usaha Mikro ?Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP), Badan Keuangan Daerah (BKD), dan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pemukiman Rakyat (DPUPRPR)?.

Tidak hanya itu, posisi Asisten III Setdakab Anambas yang sebelumnya dijabat oleh Sahtiar?, juga masih lowong.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Rusmanda mengakui, pihaknya belum mendapat informasi tentang pengisian empat sekretaris tersebut.

"Kami belum mendapat informasi pengisian sekretaris empat OPD itu. Dan untuk pengisian Asisten III juga belum mendapat informasi. Empat Sekretaris mungkin akan segera dilantik, kalau Asisten III akan diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt)," katanya, Rabu (1/3/2017).

Dia mengakui, hasil assesment pada Oktober lalu serta rekam jejak, menjadi salah satu syarat bagi pejabat yang ingin dipromosikan mengisi sekretaris tersebut.? Sementara itu, mengenai kekosongan Asisten III Setdakab, Rusmanda tidak menyangka bahwa Sahtiar yang dipercaya mengemban Sekretaris Daerah (Sekda).

"Kalau pengisian sekretaris, acuannya hasil assesment kemarin dan rekam jejak pejabat yang ingin promosikan, kinerja harian serta potensinya. Sementara pada open biding untuk Jabatan Tinggi Pratama, kami tidak menyangka kalau yang menjabat Sekda yaitu Sahtiar. Maka posisi Asisten III kali ini akan dijabat oleh Plt, karena belum ada open biding," paparnya.

Sebelumnya, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris mengatakan, pelantikan pejabat eselon III akan dilakukan pada bulan Maret. Sementara untuk posisi Asisten III, akan dijabat oleh Plt.

"Baperjakat masih melakukan evaluasi pelantikan untuk mengisi sekretaris. Beri kami waktu hingga bulan Maret nanti untuk menyusun jadwal pelantikan," tegasnya belum lama ini.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris melantik lima pejabat tinggi pratama eselon II b untuk memimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang selama ini lowong. Adapun ke lima pejabat tersebut yakni, Azwandi yang sebelumnya menjabat sekretaris Badan Keuangan Daerah (BKD) dilantik menjadi Kepala BKD.

Selanjutnya, Effi Sjhuairi sebelumnya sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pemukiman Rakyat (DPUPRPR) dilantik menjadi Kepala DPUPRPR. Japrizal sebelumnya menjabat sekretaris Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfo dan Statistik) dilantik menjadi Kepala Dinas Kominfo dan Statistik.

Usman sebelumnya menjabat sekretaris Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMPP) dilantik menjadi Kepala DKUMPP. Kemudian, Ekodesi Amrialdi sebelumnya Kepala Bidang Rehabilitas dan Rekontruksi Bakesbangpol, dilantik menjadi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Pol PP Damkar).

Editor: Dardani