Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

November, Seluruh SD Wajib Jalankan Program BIAS
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Selasa | 18-10-2011 | 15:14 WIB
dokter-vaksin.gif Honda-Batam

Ilustrasi.

BATAM, batamtoday - Seluruh siswa Sekolah Dasar (SD) di Batam, mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 wajib mengikuti program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada bulan November 2011.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal kepada wartawan, Selasa (18/10/2011) menjelaskan bahwa imunisasi dilaksanakan untuk siswa SD akan diberikan vaksin TD (tetanus dipteri) untuk daya tahan tubuh terhadap penyakit tetanus dan dipteri yang disebabkan oleh virus.

Adapun jumlah SD yang ada di Kota Batam yang akan divaksinasi sebanyak 340 sekolah. Dengan jumlah sasaran untuk kelas 1 berjumlah 21.012 siswa, sedangkan untuk kelas 2 berjumlah 19.399 siswa dan kelas 3 sebanyak 17.417 siswa.

"Imunisasi TD wajib untuk semua siswa karena ini merupakan program pemerintah pusat," kata Chandra.

Untuk itu kata Chandra pihak sekolah diharapkan kerjasamanya untuk mengarahkan siswa-siswa agar mendapatkan imunisasi tersebut. Karena selama ini ada beberapa sekolah yang menolak siswanya untuk diimunisasi dengan berbagai alasan.

"Vaksinasi ini gratis, diharapkan pihak sekolah agar mengikutsertakan muridnya untuk imunisasi. Kendala kita selama ini karena mereka merasa bahwa tubuh mereka sehat-sehat saja dan takut efek sampingnya. Padahal imunisasi sangat penting bagi kekebalan tubuh anak dari virus," katanya.