Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Karimun Lakukan Pemeriksaan Penyakit Menular Seksual Penghuni Kos-kosan
Oleh : Nursali
Rabu | 22-02-2017 | 12:50 WIB
Dinkes-karimun1.gif Honda-Batam

Kantor Dinas Kesehatan Karimun. (Foto: Nursali)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun melakukan pemeriksaan penyakit menular seksual atau penyakit kelamin terhadap seluruh penghuni kos-kosan.

 

Pemeriksaan terhadap penghuni kos-kosan ini dilakukan sebagai kegiatan rutin yang dilakukan oleh pihaknya dalam kurun waktu tertentu. Sebanyak 13 rumah yang dilakukan pengecekan penyakit kelamin tersebut dengan pengambilan sample darah untuk di uji laboratorium.

"Kemarin sebanyak 13 kos-kosan yang kita ambil sample darahnya untuk kita periksa penyakit menular seksual. Alhamdulillah kemarin tidak ada yang terinfeksi penyakit tersebut," kata pengelola program penyakit menular seksual dan HIV AIDS, Safriadi kepada BATAMTODAY.COM di ruang kerjanya, Rabu (22/2/2017).

Dijelaskan, pengecekan penyakit menular seksual ini juga dilakukan untuk pendeteksian dini. Mengingat pada tahun lalu 2016 sebanyak 1516 kasus penderita penyakit menular seksual di Kabupaten Maritim ini. Oleh sebab itu, pihaknya secara rutin melakukan pengecekan ke penghuni kos-kosan, pekerja perhotelan dan bahkan wanita-wanita PSK di beberapa tempat-tempat prostitusi.

"Minimal 3 bulan sekali kita lakukan pengecekan dengan. Baik di tempat-tempat prostitusi maupun di tempat-tempat massege," Katanya lagi.

Dalam kegiatan ini pihaknya juga bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Muhammad Sani Kabupaten Karimun.

Editor: Yudha