Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNNP Kepri Tangkap Oknum Pejabat Sekretariat DPRD Batam
Oleh : Hadli
Senin | 13-02-2017 | 23:02 WIB
nixon manurung1.jpg Honda-Batam

Kepala BNN Kepri, Brigjen Pol Nixon Manurung dan istri. (Foto: BNNP Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau (Kepri) menangkap oknum TU Seketariat DPRD Kota Batam, berinisial MF, usai transaksi narkoba, Sabtu (11/02/2017) lalu sekitar pukul 00.15 WIB.

"Iya, satu orang PNS yang kami amankan berdasarkan laporan dari masyarakat," ungkap Kepala BNNP Kepri, Brigjen Pol Nixon Manurung, Senin (13/02/2017).

Pada saat akan ditangkap, PNS Pemko Batam itu berupaya melawan petugas dengan cara hendak melarikan diri. Namum langkahnya berhasil dicegah. Dari tangan pelaku berhasil diamankan barang bukti sabu sebanyak 0.06 gram. "Barang bukti diduga sabu dalam pelastik bening kecil," kata Nixson kembali.

Penangkapan mantan lurah itu bermula dari informasi masyarakat yang terima BNN, bahwa akan terjadi transaksi narkoba di kawasan Windsor Batam. Sekitar pukul 00.10 WIB petugas melihat adanya aktifitas mencurigakan di dekat salah satu warung ayam penyet.

Ciri-ciri orang berdasarkan informasi tersebut mirip dengan pelaku yang diketahui telah bertransaksi. Pada saat dihampiri pelaku mencoba untuk kabur. Namun berhasil di bekuk.

Setelah mendapati barang bukti sabu, petugas menggiring MF ke Kantor BNN Kepri di Nongsa Batam, untuk pemeriksaan. Setelah dilakukan tes urine, pelaku positif menggunakan narkoba.

Petugas BNN masih mendalami keterangan MF atas keterlibatannya dalam peredaran narkoba serta menggali informasi siapa pemasok atau bandara yang menyediakan narkoba tersebut kepadanya.

Nixon mengatakan, pihaknya terus melakukan pemeriksaan kepada MF. Untuk mencari tau siapa pemasok atau bandara yang menyediakan narkoba tersebut kepada MF. Selain itu tambah Nixson petugas juga tengah menggali informasi atas keterlibatannya dalam peredaran narkoba.

"Kamis (13/02/2017) depan, kami akan lakukan assesment oleh Tim Asesmen Terpadu (TAT)," tuturnya.

Nixon mengatakan, pengungkapan ini dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba. Namun tambah dia, pencegahan yang telah dilakukan BNN saat ini lebih baik. Harapannya instansi lain turut komitmen salah satunya dengan cara perketat pengawasan pada anggotanya.

"Kami BNN sangat terbuka dalam pencegahan narkoba. Bila ada kerjasama berupa pencegahan narkoba tentunya kami sangat menyambut baik dan kami siap membantu sesuai dengan arahan Kepala BNN (Komjen Pol Budi Waseso, red)," pungkasnya.

Editor: Dardani