Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Inilah 5 Penyakit Lambung yang Harus Diwaspadai
Oleh : Redaksi
Kamis | 09-02-2017 | 10:51 WIB
Penyakit-Lambung-Ilustrasi1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi sakit lambung. (Foto via Bintang.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Di antara serangkaian organ dalam sistem pencernaan, lambung memiliki peran penting. Bertugas mengeluarkan enzim pencernaan yang membantumu mencerna makanan. Selain enzim, lambung juga memproduksi asam. Asam ini juga memiliki tugas yang sama, yaitu untuk mencerna makanan.

Karena itu, kerja lambung sangat bergantung atau berhubungan dengan kerja organ pencernaan lain, termasuk mulut. Makanan yang tidak kamu kunyah dengan baik akan membuat lambung terluka. Sama halnya kalau kamu telat makan. Asam lambung akan naik dan akhirnya menjadi mual. Telat makan juga bisa menyebabkan timbulnya luka pada lambung karena organ penting ini akan selalu bekerja, baik ada atau pun tidak ada makanan.

Kondisi atau gangguan ini kerap disebut dengan mag. Meskipun terdengar tak terlalu serius atau rasa sakitmudah hilang, namun ada banyak gangguan dan penyakit lambung yang sebenarnya berbahaya. Berikut ini beberapa penyakit lambung yang mesti kamu waspadai.

1. Lambung berdarah. Sebenarnya, lambungberdarah bukan penyakit. Tapi gejala dari penyakit lambung dan juga pencernaan. Dilansir dari EMedicineHealth.com, lambung berdarah disebabkan beberapa hal. Seperti gastritis, varises pada esofagus, dan juga bisa karena kanker lambung.

2. Intoleransi laktosa. Dilansir dari US News, 30 juta dari 50 juta orang di Amerika Serikat mengalami kondisi ini. Artinya, mereka tidak memiliki enzime yang dibutuhkan untuk mencerna gula pada susu. Gejalanya adalah, kejang perut, kembung, timbul gas dalam lambung, muntah-muntah, dan juga diare.

3. Ada juga gangguan lambung lain yang disebabkan pola hidup yang tak teratur. Artinya, perut bagian atas penderita terlihat normal. Tapi, lambungnya tidak bekerja secara optimal. Gangguan ini paling sering ditemukan dan penyebabnya beragam. Mulai dari kurang makan serat, kurang olahraga, stres, dan lainnya.

4. Cyclic Vomiting Syndrome (CVS) atau muntah-muntah yang tak ada hentinya. Penyakit ini bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Bisa beberapa minggu, bahkan bulan.

5. Kanker. Hampir setiap organ pada tubuh bisa terkena kanker, termasuk lambung. Mulanya, hanya ada sel yang tumbuh pada dinding lambung. Namun, bisa tumbuh menjadi tumor, dan juga kanker. Jangan sampai kamu menyesal, karena kanker ini tumbuhnya lama. Jadi, bisa jadi sang pasien sudah memiliki gejala, namun baru ketahuan beberapa tahun kemudian.

Editor: Yudha