Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

China Bangun Hutan Vertikal Mengatasi Polusi Udara
Oleh : Redaksi
Rabu | 08-02-2017 | 15:45 WIB
Hutan-Liar1.jpg Honda-Batam

Ilustrasi hutan. (Foto: net)

BATAMTODAY.COM, Batam - Polusi udara di China semakin mengkhawatirkan, terutama saat musim dingin. Pencemaran udara itu disebabkan oleh konsumsi batu bara pabrik dan perumahan serta asap kendaraan bermotor.

 

Demi meningkatkan kualitas udara di negaranya, pemerintah China berencana untuk membangun hutan vertikal di Nanjing, seperti yang dikutip dari Travel and Leisure pada Selasa (8/2/2017).

Hutan memanjang ke atas itu akan dibangun dengan konsep balkon, hampir sama dengan konsep yang sudah diterapkan di Italia yang setinggi 198 meter. Dinamakan Nanjing Green Towers, akan ada dua tiang hutan yang dibangun, yang pertama akan berisi 1.100 pohon dan yang kedua akan diisi 2.500 tumbuhan hijau.

Setiap tiangnya memiliki area seluas 6.000 meter persegi. Satu tiang hutan diperkirakan mampu menghasilkan 25 ton karbon dioksida setiap tahunnya dan 60 kilogram oksigen setiap harinya.

Selain hutan, dalam setiap tiangnya akan dibangun ruang perkantoran, bisnis dan publik sebanyak 33 lantai. Hutan vertikal ini akan selesai dibangun dan mulai beroperasi pada 2018.

Perusahaan arsitek yang membuatnya juga merupakan perancang hutan memanjang di Italia dan Swiss, Stefano Boeri. Perusahaan ini memang memiliki konsep rancangan ramah lingkungan dalam setiap bangunannya.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha