Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

TKI di Singapura Ikuti Pendidikan Paket Kesetaraan
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 14-10-2011 | 13:25 WIB
TKI_sekolah.jpg Honda-Batam

Ilustrasi

BATAM, batamtoday - Dinas Pendidikan Kota Batam bekerja sama dengan  Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura menyelenggarakan pendidikan Paket A, Paket B dan Paket C bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di negara tersebut. 

"Paket pendidikan itu kami laksanakan di Kantor Kedubes RI di Singapura dan diharapkan para TKI bisa memperoleh pendidikan dan ijazah yang setaraf," kata Muslim Bidin, Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Jumat (14/10/2011) kepada wartawan.

Dijelaskan Muslim, program paket pendidikan tersebut telah berlangsung selama 4 tahun sejak tahun 2007 yang lalu. Jumlah peserta yang telah bergabung saat ini lebih dari 400 TKI. Bahkan sudah ada satu angkatan yang lulus.

"Banyak pekerja kita yang datang ke Singapura tidak memiliki ijazah pendidikan formal makanya kita buka pendidikan paket di sana, baik Paket A, Paket B dan Paket C," terang Muslim.

Program ini sudah memperoleh hasil, banyak yang sudah menyelesaikan pendidikan setingkat SMU dan sudah ada satu angkatan yang lulus pendidikan tersebut. Diharapkan setelah jadi TKI bisa melanjutkan pendidikan guna memperbaiki nasib hidupnya.

"Bahkan ada yang sudah lulus dan pulang ke Jawa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi," ucapnya.