Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rida K Liamsi dan 13 Tokoh Pers Indonesia Terima Penghargaan SPS
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-02-2017 | 09:02 WIB
penghargaan-tokoh-pers-2017-dari-sps-foto-kompas.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Para tokoh pers Indonesia yang menerima penghargaan SPS di Jakarta. (Foto: Kompas)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Serikat Perusahaan Pers (SPS) memberikan penghargaan kepada Rida K Liamsi, tokoh pers Kepri bersama dengan 13 orang tokoh pers Indonesia lainnya. Penghargaan itu diberikan setelah SPS menilai mereka telah berjasa dan berkontribusi nyata bagi pertumbuhan dan perkembangan industri media cetak nasional dan asosiasi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Dalam sambutannya, Rudiantara mengatakan turut mengapresiasi kinerja para pekerja media massa yang terus mempertahankan praktik jurnalisme secara profesional.

"Saya mengapresasi kepada media-media yang masih menjalankan praktik jurnalisme di tengah maraknya informasi dan media palsu yang beredar di masyarakat," kata Rudiantara di Jakarta, Jumat (3/2/2017).

Dia menambahkan terus mendorong kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan tentang media-media dan berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong hadirnya berita-berita berkualitas.

Lebih lanjut, Rudiantara menjelaskan perkembangan teknologi mengakibatkan berubahnya medium cara berkomunikasi di Indonesia maupun dunia.

"Dulu medium surat kabar berubah menjadi elektronik, berubah menjadi media Internet lalu hadir lagi media sosial," ujarnya.

Hal tersebut menurutnya menghasilkan dinamika tersendiri. Dia menilai pada era media sosial mindset masyarakat pun bisa menjadi jurnalis.

"Saya mengapresasi kepada media-media yang masih menjalankan praktik jurnalisme," jelas Rudiantara.

Sementara itu, Ketua Harian SPS Ahmad Djauhar mengatakan saat ini media cetak nasional menghadapi tantangan berat dengan serbuan media digital.

Hal tersebut saat ini masih menjadi fokus perhatian para pelaku pers nasional. "Harus dipikirkan bagaimana caranya keluar dari kemelut ini," kata Djauhar dalam sambutannya di Hotel Millenium, Jakarta, Jumat (3/2/2017) malam.

Kendati demikian, dia optimis kondisi tersebut akan segera berbalik mengingat minat masyarakat terhadap media-media arus utama kembali meningkat.

Berikut nama tokoh-tokoh yang mendapatkan penghargaan dari SPS, di Hotel Millenium, Jakarta, Jumat (3/1/2017) malam:

1. Rida K Liamsi – Riau Pos
2. Sukamdani Sahid – Bisnis Indonesia
3. Jacob Oetama – Kompas
4. Fikri Jufri – Tempo
5. Sabam Leo Batubara
6. Sulastomo – Pelita
7. Sofyan Lubis – Poskota
8. Tribuana Said – Waspada
9. Alwi Hamu – Fajar
10. Basril Djabar – Singgalang
11. Gusti Rusdi Effendi – Banjarmasin post
12. Mirta Kartohadiprodjo – Femina
13. Syafik Umar – Pikiran Rakyat
14. Bambang Halilintar – Swa

Editor: Dardani