Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Aktor Gaek Inggris John Hurt Tutup Usia
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-01-2017 | 15:26 WIB
aktorgaeklondon.jpg Honda-Batam

John Hurt telah menikah dengan Anwen Rees Meyers, seorang aktris dan mantan pianis klasik selama 12 tahun. (Foto: BBC)

 

BATAMTODAY.COM, London - Aktor film veteran asal Inggris, John Hurt, yang beberapa kali mendapat nominasi Oscar dan berbagai penghargaan lainnya, meninggal dunia pada usia 77 tahun, demikian keterangan agennya.

 

Peraih berbagai penghargaan BAFTA, yang dikenal luas melalui aktingnya dalam film Alien dan The Elephant Man, terus menjalankan profesinya sebagai aktor, walaupun telah didiagnosa menderita kanker pankreas pada 2015.

Dia baru saja membintangi sosok pendeta Richard McSorley dalam film biografi Jackie, yang mengisahkan tentang istri Presiden

Sutradara film asal Amerika Serikat, Mel Brooks menggambarkan mendiang John Stuart sebagai "keabadian sinematik", sebuah bentuk penghargaan atas dedikasinya dalam dunia film.

"Tidak ada yang mampu melakukan akting seperti John Hurt dalam The Elephant Man. Itu akan selalu dikenang," kata sutradara Mel.

Walaupun diagnosa dokter menyebutkan bahwa dirinya sembuh dari kanker pada Oktober 2015, tetapi dia harus mundur dari perannya dalam pertunjukan teater The Entertainer karena kondisi kesehatannya kembali menurun.

Ketika itu, John Hurt lantas memutuskan tidak memerankan sosok Billy Rice dalam pertunjukan teater legendaris itu, sesuai permintaan tim dokternya.

Dalam akun Twitternya, Mel Brooks kemudian mengenang akting mendiang dalam film The Elephant Man. "Tidak ada yang mampu melakukan akting seperti John Hurt dalam The Elephant Man. Itu akan selalu dikenang."

Brooks menambahkan: "Aktingnya itu telah membawa film tersebut menjadi keabadian sinematik. Dia akan sangat dirindukan..."
Aktor, komedian, penulis, dan novelis Inggris, Stephen Fry memuji mendiang sebagai "seniman besar baik di panggung teater, layar kecil ataupun layar lebar".

Bintang film Lord of the Rings, Elijah Wood mengatakan: "Suatu kehormatan besar telah menyaksikan Anda dalam berakting."
Sementara, aktor Inggris Alfred Molina berkata mendiang Sir John adalah "aktor hebat yang berbakat, salah satu yang terbaik saat ini atau era kapanpun."

John Hurt dianugerahi gelar bangsawan pada tahun 2015 untuk jasa-jasanya di dunia teater dan drama. Dalam karirnya di dunia film, dia pernah memerankan sosok Joseph Merrick dalam film legendaris The Elephant Man hingga menjadi tokoh Ollivander dalam film Harry Potter.

Pada tahun 2013 dia tampil dalam film fiksi televisi berjudul Doctor Who sebagai The War Doctor. Dia telah menikah dengan Anwen Rees Meyers, seorang aktris dan mantan pianis klasik selama 12 tahun.

Sumber: BBC Indonesia
Editor: Dardani