Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaria Nol, Kadinkes Tanjungpinang Kejar Pengakuan WHO
Oleh : Habibie Khasim
Jum'at | 20-01-2017 | 16:38 WIB
Kadinkes-TPI-Rustam.gif Honda-Batam

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, menegaskan bahwa di Kota Gurindam sudah bebas penyakit malaria. Dia mengatakan, Tanjungpinang sudah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Kesehatan terkait 0 malaria ini. Namun, Rustam mengaku tidak puas dan ingin mengejar pengakuan dari badan kesehatan PBB, WHO terkait apakah benar Tanjungpinang telah bebas malaria.

"Karena sampai sekarang ini yang telah melakukan survei bahwa kita bebas malaria adalah kita sendiri dan Kementrian Kesehatan. Tapi saya belum puas, makanya kita akan meminta pengakuan WHO agar lebih jelas," tutur Rustam saat ditemui di kantornya, Jumat (20/1/2017).

Rustam mengatakan, permintaan kepada WHO ini adalah tentang sistem yang Pemko Tanjungpinang terapkan, apakah telah benar menurut kajian kesehatan dunia. Selain itu, Pemko juga akan meminta rekomendasi tata cara agar Tanjungpinang benar-benar terbebas dari penyakit yang mematikan ini.

"Rencananya mereka (WHO) akan turun ke Tanjungpinang pada April mendatang. Kita akan menunggu sembari melakukan pengecekan dan pencegahan secara terus menerus," tuturnya.

Rustam menegaskan, bahwa di Tanjungpinang untuk penyakit malaria sudah 0 (nol) alias terbebas. Jika memang ada ditemukan, Rustam mengaku itu merupakan penyakit yang diimpor dari daerah lain.

"Memang ada malaria, tapi bukan tertular dari Tanjungpinang tapi membawa penyakit itu ke Tanjungpinang, dia dapat dari luar. Ada juga yang kambuhan, karena saat kecil memiliki penyakit itu, hanya bakterinya belum mati semuanya dan kambuh lagi. Kalau seperti ini, rumah sakit menangani dan kita akan terus mengupayakan agar masyarakat terbebas dari malaria," terang Rustam.

Editor: Udin