Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tim Pakem Lingga Gelar Konsolidasi dan Silaturahmi Awal Tahun
Oleh : Nurjali
Selasa | 17-01-2017 | 18:02 WIB
timpakemlingga.jpg Honda-Batam

Kajari Lingga saat menggelar Rapat Tim PAKEM Lingga. (Foto: Nurjali)

BATAMTODAY.COM, Dabosingkep - Kejaksaan Negeri (Kejari) Lingga menggelar rapat rutin perdana dengan Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat (Pakem) Kabupaten Lingga. Rapat yang berlangsung di kantor kejari, Selasa (17/1/2017), ini dalam rangka konsolidasi dan silaturahmi antar sesama tim di awal tahun.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lingga Puji Triasmoro yang membuka rapat tersebut mengatakan, Tim Pakem merupakan leading sector-nya kejaksaan, dan untuk pelaksananya di lapangan dilakukan oleh Seksi Intelijen.

"Pakem ini terbentuk sebagai bagian dari pengawasan kejaksaan untuk melakukan pengawasan terhadap aliran-aliran yang membahayakan," ujar Kajari Lingga.

Sementara Kasi Intel Kejari Lingga, Evan Apturedi, mengatakan, rapat perdana ini membahas berbagai persoalan untuk kerja tim Pakem. Mulai dari operasional serta berbagai keperluan persiapan awal lainnya, termasuk penyampaian Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) kerja dari Tim Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Keagamaan Masyarakat.

"Pakem sendiri dibentuk berdasarkan undang-undang no 1 /PMPS / 1945 tentang pencegahan atau penyalahgunaan, penodaan agama dan UU No 16 tahun 2004 tentang kejaksaan leading sector tim pakem ini ada di kejaksaan," sebutnya.

Kemudian berdasarkan SK dari Kepala Kejaksaan Negeri No . Kep-01/N.10.14/DSP.1/01/2017 tentang pembentukan tim Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Aliran Keagamaan Masyarakat tingkat Kabupaten Lingga.

Dengan susunan Kajari sebagai ketua merangkap anggota, Kepala Seksi Intelijen wakil ketua merangkap anggota, jaksa pada seksi intelijen sekretaris merangkap anggota.

Kemudian anggotanya, antara lain Kepala badan kesbangpol lingga, perwira seksi intelijen Kodim 0315 Bintan, Posda BIN Lingga, Kasat Intel Polres Lingga, Kepala Kankemenag Lingga, Kepala Dinas Pendidikan kemudian Ketua MUI Kabupaten Lingga.

"Jadi tugas tim ini nantinya mengawasi, berbagai persoalan aliran kepercayaan dan aliran keagaamaan yang ada di Kabupaten Lingga," sebutnya.

Editor: Dardani