Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Paripurna Pe‎nyampaiaan Nota Keuangan APBD

Sebanyak 17 Dewan Alpa, Sidang Paripurna DPRD Tak Kuorum dan Sempat Diskors
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 16-01-2017 | 15:02 WIB
sidang-paripurna-dprd-kepri.gif Honda-Batam

Sidang paripurna penyampaiaan Nota Keuangan dan Ranperda APBD 2017, sempat diskors, karena tidak kuorum dan dilanjutkan 10 menit kemudian, Senin (16/1/2017). (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 17 angggota DPRD Kepri alpa dan tidak masuk kerja. Sidang paripurna penyampaiaan Nota Keuangan dan Ranperda APBD 2017, sempat diskors, karena tidak kuorum. Skors selama 10 menit dilakukan Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, sekitar pukul 13.30 Wib, Senin (16/1/2017). 

Kendati sebelumnya dalam sidang paripurna ini, sejumlah unsu‎r pimpinan dan Gubernur Kepri, telah hadir di dalam ruangan, namun karena belum kuorum dan hanya dihadiri 20 orang anggota DPRD di dalam ruang sidang maka sidang diskors selama 10 menit.

Ketua DPRD Kepri, Jumaga Nadeak yang memimpin sidang bersama Wakil Ketua DPRD, Rizky Faisal dan Husnizar Hood, mengatakan, sidang paripurna DPRD Kepri dari kehadiran Anggota DPRD, belum dapat dilaksanakan karena belum kuorum.

‎"‎Sesuai dengan Tata Tertib Dewan, sidang paripurna dinyatakan sah jika dinyatakan kuorum dan dihadiri setengan dari jumlah anggota DPRD," ujar Jumaga.

Atas dasar itu, setelah menanyakan kepada sejumlah anggota DPRD, sehingga disepakati sidang paripurna, akhirnya dilakukan skors selama 10 menit.

Dari pantauan BATAMTODAY.COM, sejumlah anggota DPRD yang tidak hadir dalam sidang tersebut, seperti Wakil Ketua DPRD Kepri Amir Hakim Siregar, Ruslan SH, dan sejumlah anggota DPRD lainnya. ‎

‎Selanjutnya, sekitar pukul 14.45 Wib, Ketua DPRD Kepri kembali membuka sidang, dengan agenda penyerahan Nota Keuangan dan Ranperda APBD 2017. Sekretaris Dewan Hamidi, yang membacakan absensi kehadiran anggota Dewan secara fisik menyatakan, dari 43 anggota DPRD Kepri sebanyak 25 anggota DPRD telah dinyatakan hadir, sementara 17 orang dinyatakan izin, dan 1 orang sakit.

‎Dengan telah kuorum dan hadirnya sebanyak 25 anggota Dewan Kepri itu, sidang paripurna DPRD Kepri tentang penyerahan Nota Keuangan APBD 2017 Kepri langsung dilaksanakan.

Editor: Udin