Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Mutasi 10 Kepala Puskesamas di Bintan

Buntut Penolakan Pasien, Kepala Puskesmas Sei Lekop Dicopot
Oleh : Ismail
Jum'at | 13-01-2017 | 19:38 WIB
puskes-bintan1.jpg Honda-Batam

Puskesmas Sei Lekop Bintan. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Demi memperbaiki pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Bintan merotasi 10 kepala puskesmas. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Bintan, dr Untung Setiadi, mengatakan, pejabat yang dimutasi sudah resmi menduduki kursi barunya mulai saat ini, baik yang di Puskesmas, RSUD maupun Dinkes Bintan.

"SK Bupati Bintan terkait penempatan pejabat-pejabat yang dimutasi sudah keluar semalam (Kamis, 11/1/2016). Jadi, mereka sudah mulai bekerja di tempat yang baru mulai saat ini," akunya.

Diungkapkan Untung, berdasarkan SK pelantiakan pejabat eselon III dan IV yang dikeluarkan Bupati Bintan, sebanyak 10 dari 15 Puskemas yang ada di Bintan, dikepalai oleh Kepala Puskemas yang baru.

Di antaranya Kepala Puskesmas Seilekop yang santer diberitakan beberapa waktu terakhir, sebelumnya dikepalai dr Fera Kartika, kini diambil alih dr Leo Andreas yang pernah menjabat sebagai Kepala Puskesmas Mantang. Sedangkan pejabat lamanya hanya ditugaskan sebagai dokter umum di Puskesmas tersebut.

Baca: Pasien Ditolak Saat Berobat, Bupati Bintan Salahkan Pelayanan Puskesmas Sei Lekop

Kemudian, Kepala Puskesmas Kawal yang sebelumnya diduduki dr Bambang, diambil alih oleh dr Royhan yang pernah menjabat sebagai Kepala Puskesmas Kijang. Sementara, dr Bambang dipromosikan dengan jabatan Kasi Rujukan Dinkes Bintan. Sedangkan, Kepala Puskesmas Kijang dijabat oleh dr Iwan Mulyana yang juga bertugas di Puskesmas tersebut.

Berikutnya, Kepala Puskesmas Toapaya yang sebelumnya diduduki Safriman, diambil alih oleh dr Eli Mayulis. Sedangkan Safriman sendiri dipromosikan sebagai Kasubag Umum Dinkes Bintan. Untuk posisi Kepala Puskesmas Mantang telah resmi diduduki oleh dr Muhammad Yamin.

Lalu, untuk jabatan Kepala Puskesmas Kelong yang sebelumnya diduduki dr Wawan Kurniawan diambil alih oleh Jupri yang pernah menjabat Kasi Promosi Kesehatan Dinkes Bintan. Sedangkan dr Wawan Kurniawan dipindahkan menjadi Kepala Puskesmas Teluk Sasah. Untuk pejabat lama Kepala Puskesmas Teluk Sasah telah resmi pindah tugas ke Kota Batam mengikuti kepindahan dinas suaminya.

Selanjutnya, Kepala Puskesmas Numbing yang sebelumnya diduduki dr Abdul Kamal diambil alih oleh dr Ari Irfandi. Sedangkan pejabat lamanya dipromosikan sebagai Kasi Alkes Dinkes Bintan. Kemudian Kepala Puskesmas Teluk Bintan yang sebelumnya diduduki dr Yosie Susanti diambil alih oleh dr Feby. Sedangkan pejabat lamanya dipromosikan sebagai Kabid Yankes Dinkes Bintan.

Terakhir untuk Kepala Puskesmas Tambelan telah dipercayai untuk sementara waktu diduduki oleh Kasubag TU-nya,Yulian Sisti.

"Jabatan kepala puskesmas yang tetap itu ada lima. Yaitu Kepala Puskesmas Berakit tetap ditangan dr Rahmat, Kepala Puskesmas Sri Bintan tetap diduduki Burhan, Kepala Puskesmas Kuala Sempang tetap ditangan dr Marina, Kepala Puskesmas Teluk Sebong tetap sama Muslim dan Kepala Puskesmas  Tanjunguban tetap drg Euis Erawati," bebernya.

Khusus jabatan Direktur RSUD Bintan, tambah dr Untung Setiadi, dipercayai kepada dr Deny Antomi yang juga bekerja sebagai dokter spesialis di rumah sakit tersebut. Kalau pejabat lamanya dr Gama Isnaeni untuk sementara waktu menduduki Kabid PL Dinkes Bintan. Bahkan beliau bakal dipromosikan sebagai Kepala Dinkes Bintan definitif," pungkasnya.

Editor: Udin